Tips dan Panduan Membeli Mercy E-Class W211 Bekas

Pada eranya lampu desain bundar menjadi ciri khas dan kini sebagai identitas mobil lawas. Begitu juga dengan Mercedes Benz E-Class W211 sebagai generasi terakhir dari sedan Mercy yang mempunyai desain lampu bundar atau tepatnya lonjong.

Mercy E-Class W211 autobild

Generasi sebelumnya, W210 (1995-2003) pabrikan asal Jerman ini telah menggunakan desain lampu tersebut namun dengan bodi yang terlalu kaku. Hingga akhirnya Mercy melakukan penyegaran pada desain bodi dan mempertahankan ciri khas lampu tersebut.

Mercy mempunyai banyak varian tak terkecuali untuk W211. Varian yang banyak diburu oleh konsumen Indonesia diantaranya E 200 Kompressor, E 240, E280, dan E 350 CGI. Sesuai dengan seri variannya, mesin yang diusung berbeda-beda.

Kode angka dibelakang huruf sebagai penanda kapasitas mesin. Seperti E 350 yang mempunyai mesin 3,498 cc V6. Sementara setelah angka adalah teknologi yang digunakan pada mesin, yakni kompressor dan CGI (charged gasoline injection).

Soal harga rata-rata pemilik atau showroom membanderol Rp 250 jutaan hingga Rp 500 jutaan tergantung varian mesin. Bagi Anda yang memilih mobil bekas karena desainnya, Mercy W211 bisa memuaskan hati Anda dengan mengendarainya untuk sehari-hari.

Sejarah Mercy E-Class W211


2007 :Setelah lima tahun hadir di dunia otomotif, Mercy melakukan perubahan pada model terbaru E-Class W211. Tidak hanya tampilan eksterior dan interior, beberapa kualitas dan masalah teknis turut ditingkatkan dari model sebelumnya. Fitur seperti Sensotronic disematkan untuk menjawab keluhan konsumen terhadap perangkat lunak.

2008 : Mercy menambah beberapa varian untuk melengkapi line-up yang ada. Tercanggih adalah diluncurkannya E300 BlueTec di Eropa dengan teknologi common rail direct injection bertransmisi otomatis 7G-Tronic. Pada tahun ini pula Mercedes mengumumkan penjualan W211 telah mencapai 1,5 juta unit di seluruh dunia.

2009 : Menjadi tahun terakhir Mercy memproduksi mobil dengan lampu khasnya yang bundar. Posisinya digantikan oleh W212 yang hingga kini masih menghiasi showroom Mercy disetiap negara. Desain yang jauh berbeda membuat desain W211 legenda dan tidak lekang oleh waktu.

Panduan Membeli Mercy E-Class W211 Bekas


Mesin
Rata-rata mesin W211 sudah canggih sehingga mem­butuhkan perawatan yang rutin. Jangan ragu untuk melakukan test drive sebelum Anda membelinya. Rasakan dengan seksama apakah kinerja mesin masih baik atau sudah lemah. Jangan lupa juga untuk merasakan di putaran tinggi, bila mesin menggelitik tandanya pemilik sebelum­nya kurang merawat dan sering menggunakan bahan bakan beroktan di bawah 92.

Catatan Servis
Dengan produksi terakhir pada 2009, otomatis umur mobil paling muda adalah lima tahun. Umumnya, mobil umur tersebut rentan dengan keausan di beberapa komponen. Cek catatan servis mobilnya, apakah sering masuk bengkel atau hanya perawatan rutin saja. Bila sering masuk bengkel, perlu dicurigai ada yang tidak beres dengan mobil tersebut.

Kelistrikan
Fitur-fitur pada W211 sudah cukup banyak, hal ini membuat mobil memerlukan daya listrik lebih banyak. Mengingat kelistrikan adalah hal penting, tidak ada salahnya menguji seluruh komponen listrik. Jangan hanya mengecek central lock atau radio, cek juga kelistrikan di mesin seperti ECU. Beberapa konsumen ada yang mengeluhkan soal ini setiap membeli W211.

Performa Mesin
Setiap varian Mercy E-Class W211 mempunyai kapasitas mesin yang berbeda-beda. Pastikan varian mesin yang Anda pilih sesuai dengan keuangan Anda. Meskipun sudah berteknologi canggih, namun perawatan tetap diperlukan karena semakin canggih mesin akan lebih sensitif terhadap masalah.

Interior
Layaknya mobil sedan, W211 mempunyai kabin yang nyaman. Tetapi perhatikan door trim dan dasbor, apakah masih bagus dan belum ada yang pecah. Tidak sedikit biaya yang harus Anda keluarkan bila ada komponen interior yang harus diganti.

BBM
Mobil-mobil Eropa selalu mempunyai teknologi mesin yang sangat canggih karena sesuai dengan kondisi penduduk disana. Mengingat di Indonesia masih bebas memperjual-belikan bahan bakar minyak beroktan 88, ingat bahwa BBM tersebut tidak cocok untuk mesin W211. Minimal Anda harus menggunakan oktan 92 agar performa mesin terjaga dan berumur panjang.

Tips Memilih Mercy E-Class W211 Bekas


Pada umumnya, mobil ini memiliki banyak masalah di area kelistrikan. Jadi pastikan dahulu bahwa seluruh komponen dan fitur yang berhubungan dengan listrik berfungsi dengan normal. Selain itu kaki-kaki juga ada beberapa yang sudah aus. Kalau komponen ini bisa dirasakan saat test drive. Bila melalui jalanan berlubang dan terasa tidak nyaman, bisa bawa ke bengkel spesialis kaki-kaki yang Anda percaya.

Ada banyak varian yang bisa Anda dapatkan. Bisa pilih sesuai selera, bila ingin mobil bertenaga besar, mesin di atas 3.000 cc jadi pilihannya. Sementara untuk Anda yang lebih mengutamakan keiritan bahan bakar, E200 Kompressor atau E200 CDI versi diesel adalah pilihan yang bijak.

Namun ada satu varian yang paling ba­nyak dijual yakni E200 Kompressor. Teknologinya di­akui oleh banyak konsumen membuat mobil lebih irit. Terlebih tenaga yang diusung su­dah co­cok dengan situasi lalu lintas di Indonesia.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel