Tips dan Panduan Membeli Mercy Viano V-Class Bekas

Inilah pilihan mobil bekas MPV mewah Mercedes-Benz V-Class di Indonesia. Sebuah kendaraan luxury sejatinya memiliki kenyamanan yang sangat baik. Terlebih bila mobil tersebut model MPV seperti Mercedes-Benz V350 Ambiente.

Tips dan Panduan Membeli Mercy Viano V-Class Bekas

Di Indonesia cukup banyak pilihan MPV mewah mulai dari pabrikan Jepang seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand hingga Eropa seperti Mercedes Benz V350 Ambiente. Tiga kunci dari MPV mewah yakni kenyamanan, fitur dan performa mesin dimilikinya.

Desainnya sama seperti MPV luks pada umumnya yang mengotak pada bagian belakang. Model boxy ini selain membuatnya terlihat berkarakter, secara fungsi juga berdampak positif pada maksimalisasi kapasitas ruang.

Namun, di V350, meski belakangnya mengotak tapi wajahnya tetap terlihat cantik dengan gril krom dan logo besar Mercedes yang terpasang di tengahnya.

Unsur mewah semakin terasa ketika masuk ke dalam kabin. Berkapasitas 7 penumpang, seluruh jok telah dilapisi kulit berkualitas. Panel kayu pada dasbor, panel pintu serta pinggir cool box juga menyiratkan aura mewah.

Fitur cool box sangat menarik karena Anda bisa menaruh minuman favorit agar tetap dingin. Pada baris tengah telah mengadopsi captain seat dan terdapat penyangga kaki yang bisa diaktifkan melalui tombol elektrik di samping jok.

Kenyamanan juga tidak perlu diragukan karena ketika Anda duduk di baris kedua terasa seperti naik pesawat First Class dengan segala kemewahannya.

Sedangkan dari sektor performa, Mercedes Benz V350 Ambiente ini telah menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.498 cc bertenaga 258 dk pada 5.900 rpm dengan torsi 340 Nm di 2.000-5.000 rpm. Tenaga yang besar untuk mengimbangi bodi mobil yang lebar dan bobotnya yang berat.

Nah, tahun ini Mercedes-Benz Indonesia meluncurkan V-Class terbaru. Ada kemungkinan besar para pemilik MPV mewah Mercedes ini mulai menjual untuk menggantinya dengan model baru. Sehingga kemungkinan Anda mendapat model generasi ini dengan harga lebih murah semakin terbuka lebar.

Sejarah Mercy Viano V-Class di Indonesia


2004: Pada tahun ini Mercedes-Benz Indonesia pertama kalinya meluncurkan Viano 320 Ambiente. Hanya satu varian yang dijual. Uniknya penjualan MPV mewah ini hanya berlangsung selama satu tahun dan Agen Pemegang Merek (APM) menghentikan peredarannya karena animo yang masih minim.

2010: Selang enam tahun kemudian Mercedes- Benz Indonesia melihat peluang untuk kembali menhadirkan V-Class. Berbeda dari generasi sebelumnya, kini ada dua varian yang bisa dipilih yakni V 350 dan V 220 CDI.

2016: PT Mercedes-Benz Indonesia meluncurkan V-Class terbaru dengan desain eksterior dan interior yang semakin mewah. Tetapi Mercedes-Benz V-Class terbaru ini hanya ditawarkan dalam satu pilihan tipe yaitu 220d bermesin diesel 2.143 cc.

Panduan Membeli Mercy Viano V-Class Bekas


Karet Stabilizer Bar
Komponen ini berfungsi untuk mengurangi kemiringan mobil yang disebabkan gaya sentrifungal ketika mobil membelok. Sehingga mengurangi limbung saat bermanuver.

Mengingat bodi V-Class sangat besar, pastikan komponen karet stabilizer bar masih dalam kondisi baik. Bisa Anda rasakan ketika test drive atau periksa ke bengkel resmi Mercedes-Benz terdekat.

Mesin
Teknologi yang digunakan pada mesin Mercedes-Benz V-Class sudah canggih terlebih mengadopsi V6. Pastikan pemilik sebelumnya merawat mesin dengan melakukan servis rutin serta menggunakan bahan bakar yang tepat. Tentunya test drive menjadi hal penting untuk dilakukan sebelum membelinya.

Shock Absorber
Berfungsi meredam getaran yang ditimbulkan dari per daun maupun per keong/spring membuat peran komponen ini cukup penting untuk penunjang kenyamanan MPV.

Saat melakukan pengujian, coba lintasi speed trap atau jalanan tidak rata dan rasakan apakah getarannya terasa kasar atau tidak.

Cek ke bengkel resmi menjadi opsi terbaik untuk memastikan spareparts yang harganya cukup mahal ini masih dalam kualitas baik.

Interior
Mengingat MPV adalah mobil keluarga, tentu buah hati sering berada di dalam kabin dalam perjalanan jauh. Aktivitas seperti makan dan minum bisa dilakukan dengan akomodasi yang luas tersebut. Pastikan tidak ada noda membekas seperti air soda atau makanan di jok dan karpet lantai.

Bodi
Bodinya yang besar membuat insting mengemudi harus lebih peka. Pastikan tidak ada lecet bahkan penyok di beberapa sisi khususnya bumper depan dan belakang. Ground clearance yang rendah juga harus diperhatikan apakah ada yang penyok di kolong mobil ketika melintasi jalanan rusak.

Catatan Servis
Mengingat ini mobil mewah tentunya perawatan rutin akan lebih baik bila dilakukan di bengkel resmi Mercedes-Benz. Agar tidak salah beli atau tertipu, bisa bawa mobil ke bengkel resmi untuk mengecek apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan servis di bengkel resmi.

Tips Memilih Mercy Viano V-Class Bekas


Populasi Mercedes Viano atau V-Class tidak terlalu banyak tetapi bila berencana membeli bekasnya paling penting adalah ke bengkel resmi untuk mengecek apakah pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan berkala. Catatan servis tiap mobil Topgir rekam secara online. Soal komponen bagian kaki-kaki seperti karet stabilizer bar dan shock absorber perlu di cek karena mobil ini punya akomodasi yang lapang untuk membawa muatan yang banyak.

Dari dua varian yang ada, Topgir merekomendasikan varian V350 Ambiente. Populasinya lebih banyak dibandingkan V220 CDI. Selain itu fiturnya lebih menunjang untuk kenyamanan perjalanan Anda. Tenaganya sudah cukup untuk melajukan mobil berbodi bongsor ini.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel