Tips dan Panduan Membeli MINI Cooper Bekas

Bersiaplah menjalani pengalaman tak normal saat Anda membeli MINI. Tentu saja dalam konotasi positif. Dari awal mobil ini memang dibuat dengan motto ‘Not Normal’, menyasar konsumen yang ingin hal non-konservatif dalam hidupnya.

MINI Cooper Autobild

Secara desain MINI masih sangat terpengaruh dengan model orisinalnya beberapa puluh tahun silam. Tapi de­ngan teknologi BMW di dalamnya MINI telah menjelma jadi hatchback premium dengan segudang fitur.

Pada dasarnya MINI hanya memiliki satu tipe mesin de­ngan 2 varian yakni 1.596 cc turbo dan non-turbo. Tapi begitu berbicara model bodi, MINI memiliki pilihan sangat beragam. Dari mulai Hatchback, Cabrio, Coupe, Countryman, Clubman hingga Paceman. Semua itu dibut untuk menyesuaikan gaya hidup pemiliknya. Sedangkan bagi pecinta kecepatan disediakan pula varian JCW dengan tenaga yang meningkat hingga 210 dk lebih.

Berita baiknya lagi, sejak 2011 MINI telah memiliki APM resmi di Indonesia, sehingga Anda tak perlu bingung saat hendak merawatnya.

Fitur MINI Connected di beberapa tipe juga akan memberi pengalaman unik tersendiri. Gadget yang Anda miliki akan mudah terkoneksi ke sistem komputernya, lantas MINI akan serasa partner interaktif di jalan.

Saat Anda mementingkan gaya dan performa, MINI adalah pilihan yang sulit dikesampingkan.

Sejarah MINI Cooper di Indonesia


2011: Setelah bertahun-tahun konsumen hanya bisa membeli MINI dari importir umum, akhirnya BMW Group Indonesia menjadi APM MINI di Indonesia, tepatnya di Juli. Model pertama yang dilansir saat itu adalah Hatchback dan Cabrio. Untuk Hatchback juga disediakan tipe bermesin JCW.

2012: Countryman sebagai model SUV pertama MINI diluncurkan pada Januari. Tipe turbo Countryman S juga dilempar ke pasar. Model ini memiliki 4 pintu dengan dimensi lebih besar dan tinggi ketimbang MINI reguler. Di bulan April, giliran Roadster diluncurkan secara resmi.

2013: Pada bulan Mei, Paceman resmi meluncur. Sejatinya mobil ini adalah versi coupe 2 pintu dari Countryman. Lantas di Juli giliran Clubman yang praktis diluncurkan. Clubman ini hadir pula dalam trim Bond Street. Setelah peresmian dealer termegah di dunia mereka di kawasan Pondok Indah, MINI lantas melengkapi semua varian JCW pada bulan November.

Panduan Membeli MINI Cooper Bekas


Indikator
Hampir seluruh malfungsi yang terjadi di mobil bisa ditunjukkan oleh indikator di instrumen. Perhatikan apakah setelah mesin dinyalakan ada indikator berwarna merah yang menyala terus.

Panel AC
Bila MINI incaran Anda merupakan mobil dari importir umum, ada sejumlah pemilik yang mengeluhkan sistem AC bermasalah. Pastikan ini tak terjadi untuk menghindari biaya perbaikan mahal.

Ban
Mobil ini menggunakan ban anti-kempis alias RFT. Pastikan masih tetap menggunakan ban jenis tersebut karena tak disediakan ban serep sama sekali di bagasi.

Kekerasan suspensi
MINI bukanlah mobil nyaman. Bahkan suspensinya tergolong keras. Pengendalian memang sangat hebat, tapi bisa cukup menyiksa bila Anda kerap melewati jalan rusak

Riwayat servis
Bisa dicek melalui bengkel resmi atau buku. Untuk mobil dari importir umum, pastikan telah melakukan penyesuaian software dan hardware di bengkel resmi supaya bisa melakukan servis berkala.

Bahan bakar
Karena mesin yang digunakan berteknologi cukup tinggi, MINI hanya merekomendasikan bahan bakar beroktan minimal 95 untuk mobil ini. Meski begitu konsumsi BBM-nya bisa dibilang cukup irit.

Tips Memilih MINI Cooper Bekas


Untuk mesin dan bagian teknis lainnya, rata-rata tak ada yang dikeluhkan oleh pemilik MINI. Tapi ada baiknya melakukan test drive dan perhatikan apakah ada bunyi aneh dari mesin maupun suspensi.

Perhatikan pula bagian interior, operasikan semua tombol untuk memastikan mereka masih berfungsi baik. Lantas tentu saja riwayat servis harus dicek. Bisa lihat dari buku atau di bengkel resmi. Satu lagi yang harus saya ingatkan, karakter suspensi MINI tergolong keras, jadi silakan rasakan dan pastikan itu tak bermasalah dengan Anda.

Dari banyak varian yang ada, bagi Anda pembeli pertama MINI, Topgir merekomendasikan versi Hatchback bermesin turbo (S). Mobil ini akan memberi impresi paling murni tentang sebuah MINI, dan mesin 184 dk-nya sangat responsif.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel