Tips dan Panduan Membeli Nissan Grand Livina Bekas

Nissan Grand Livina merupakan salah satu mobil laris di Indonesia. Sejak peluncuran perdana pada 2007 hingga tahun ini, NMI sudah berhasil menjual 130.000 unit di seluruh Indonesia.

Nissan Grand Livina autobild

Saat mengembangkan Grand Livina, Nissan memasukkan berbagai teknologi baru untuk menghasilkan paket yang menarik. Dan tentu saja, survei mendalam dilakukan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk mengetahui keinginan konsumen Tanah Air.

Hasilnya adalah sosok dengan desain bodi menarik dan kapasitas angkut 7 orang, membuat Grand Livina begitu digemari konsumen Tanah Air. Apalagi PT NMI menyediakan cukup banyak pilihan tipe dengan trim, mesin, serta transmisi berbeda.

Platform Renault yang digunakan membuat Grand Livina memiliki karakter suspensi layaknya mobil Eropa. Bantingan suspensinya terasa lembut namun memiliki tingkat kestabilan yang baik. Apalagi ground clearance  Grand Livina dibuat cukup tinggi - 185 mm – sehingga cocok untuk kondisi jalan di Indonesia.

Konsep irit pun dibuat dengan penerapan tenologi terkini dari beragam sisi. Seperti power steering electric, busi yang tahan hingga 100.000 km, dan rancangan kabin yang tak membutuhkan AC double blower.

Keunggulan mobil ini adalah kenyamanan yang seperti sedan. Bantingan suspensi yang empuk tanpa mengorbankan stabilitas merupakan kelebih­annya.

Mesin yang digunakannya pun tergolong bertenaga. Walau begitu kemampuan mengolah bahan bakar layak diacungi jempol.  Sangat jarang kombinasi seperti ini bisa terjadi secara harmonis.

Makanya mobil ini juga menjadi salah satu primadona di segmen mobil bekas. Ba­nyak pedagang yang mengincar mobil ini untuk dijual kembali, khususnya pada saat menjelah libur panjang anak sekolah atau Lebaran.

Ini karena Grand Livina merupakan kendaraan yang tepat buat liburan. Kabin yang luas dengan 3 baris tempat duduk cukup membawa sekeluarga ke tempat tujuan wisata dengan nyaman.

Sejarah Nissan Grand Livina


2007: Nissan Motor Indonesia meluncurkan Nissan Grand Livina pada 2007. MPV ini langsung mendapat sambutan positif dari konsumen dan menjadi volume generator bagi NMI. Hadir pertama kali pada April 2007, Compact MPV  Nissan ini langsung booming  di pasaran. Tersedia dalam 3 trim: SV, XV, dan Ultimate. Sedangkan untuk mesin, Nissan memberikan dua pilihan: 1.500 cc dan 1.800 cc yang keduanya telah dilengkapi teknologi pengatur bukaan katup (CVTC). Dan selain menyediakan transmisi otomatis 4-speed, Nissan juga menyediakan pilihan girboks manual 5-speed  dan 6-percepatan.

Grand Livina dipasarkan di Indonesia dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.5L (3 tipe) dan 1.8L (4 tipe). Waktu itu rentang harganya mulai dari Rp 138,5 juta hingga Rp 203,5 juta.

Tipe 1.500 cc langsung menjadi yang paling laris dibeli konsumen. Alasan utama karena harga dan konsumsi bahan bakar yang irit. Tak heran tipe 1.5 terus diolah oleh NMI via hadirnya varian baru seperti Highway Star yang mewah.

2011 : NMI melakukan beberapa penyegaran se­iring de­ngan berjalannya waktu. Pada 2011, misalnya, mereka mengubah gril, side body moulding, interior kelir hitam dan kelir panel speedometer yang menjadi putih.

2013 : NMI kembali melakukan facelift. Namun  kali ini berupa major facelift yang meliputi beberapa titik body, diantaranya bentuk lampu depan dan lampu belakang menjadi lebih modern.

Panduan Membeli Nissan Grand Livina Bekas


Bushing suspensi
Periksa bushing di mobil. Ada yang getas atau pecah tidak. Kalau sudah getas atau retak bisa menimbulkan bunyi-bunyian saat melintasi jalanan yang rusak.

Sokbreker
Periksa apa ada kebocoran oli pada sokbreker. Rasanya juga bantinganya saat melewati jalan rusak. Dengarkan apa ada bunyi aneh yang muncul ketika melintasinya.

Sistem elektronik
Cek kinerja fitur elektronik di mobil. Pastikan semua bisa bekerja dengan baik dan tidak ada gangguan. Lihat apakah ada lampu indikator yang menyala.

Lampu
Periksa lampu depan, belakang dan foglamp. Apakah ada keretakan atau kerusakan.

Catalytic converter
Nissan Grand Livina sudah dibekali Cataylic Converter dan bisa diberi minum bensin jenis Premium. Sehingga ada baiknya mengecek kondisi Catalytic Converter apakah tersumbat atau tidak.

V-belt
Saat mesin distart dam kondisi dingin, kerap terdengar bunyi decitan dari V-belt.  Biasanya hal ini disebabkan oleh ketegangan V-belt  yang mulai menurun. Jika ini terjadi, segera periksakan mobil ke bengkel.

Transmisi
Karakter transmisi manual Grand Livina memang cenderung berisik dan akan hilang saat pedal kopling diinjak. Bila suara yang timbul terdengar cukup keras, menandakan girboks mengalami kerusakan.

Steering
Suara gemeretak kadang ditemui saat kemudi diputar. Hal ini disebabkan pelumas pada joint  pada sistem kemudi yang telah mengering. 

Engine mounting
Grand Livina memiliki 4 engine mounting. Komponen ini biasanya sudah getas untuk mobil berusia 3 tahun ke atas dan perlu penggantian. Jadi periksa apakah mesin mengalami getaran berlebih atau tidak.

Catatan servis
Perawatan Grand Livina yang mudah membuat banyak pemilik melakukan perawatan di bengkel umum. Periksa service record mobil yang Anda incar dengan melakukan konfirmasi ke bengkel resmi bersangkutan untuk mengetahui perawatannya.

Tips Memilih Nissan Grand Livina Bekas


Nissan Grand Livina itu perawatannya mudah dan tidak memiliki problem yang berat. Kerusakan terjadi akibat keausan komponen. Contohnya bushing suspensi, aus karena sering melewati jalanan rusak. Setelah diganti kembali terasa seperti baru lagi. Bila anda melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, tidak perlu khawatir tentang kondisi mobil. Yang mesti anda cek setiap hari adalah volume oli dan air di resevoir radiator.

Banyak tipe dan model yang ditawarkan, membuat konsumen memiliki pilihan. Bagi Anda yang mengutamakan fungsio­nalitas maka Nissan Grand Livina tipe XV merupakan pilihan tepat yang Topgir rekomendasikan. Kelengkapan fitur memadai dan telah dilengkapi monitor sebagai car entertaiment sebagai standar.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel