Tips dan Panduan Membeli Nissan Juke Bekas

Desainnya yang berbeda dari mobil pada umumnya menjadi daya tarik tersendiri untuk pencinta otomotif. Tidak heran bila Nissan Juke bisa dicap sebagai pelopor desain unik.


Mobil-mobil crossover selama ini mempunyai desain yang tidak jauh berbeda antara produk satu dengan yang lain. Tetapi Nissan Juke lahir dengan desain yang unik dan khas.

Sejak peluncurannya pada 2010, Juke menjadi crossover ketiga Nissan selain Murano dan Qashqai. Segmennya sendiri sangat jelas yakni kaum urban muda yang ingin tampil berbeda.

Mengambil dari platform Nissan Micra dan Renault Twingo, desain Juke adalah gabungan antara SUV dengan sportscar. Hal itu bisa dilihar dari bodinya yang tinggi dan besar.

Tampak depan saja sudah terlihat berbeda dengan lampu menyipit dan peletakan lampu malam di bumper. Namun saat terlihat dari samping serta belakang terlihat layaknya sebuah sports car.

Dimensi yang dimiliki Juke yakni panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.570 mm serta jarak sumbu roda 2.530 mm. Akomodasi penumpangnya mampu memuat lima penumpang. Mobil ini terlihat sangat kompak dari luar.

Beberapa fitur-fitur me­narik disematkan oleh Nissan, se­perti The Integrated Control System (I-CON)yang berfungsi mengendalikan AC dan mode pengendaraan. Sehingga ketika I-CON diaktifkan ke climate control, Anda bisa mengatur suhu dalam kabin.

Sementara ketika Driving Mode (D-Mode) diaktifkan, layar yang sama berubah menjadi mode berkendara. Ada tiga pilihan D-Mode yakni Eco, Normal dan Sport.

Head unit (HU) yang dipakai Juke juga sudah canggih de­ngan layar sentuh dan kontrol suara (voice command). Sa­yangnya media CD Player tidak ada dalam HU Juke, jadi Anda ha­nya bisa memutar musik melalui bluetooth, aux-in, iPod ready, SD card dan USB.

Sejarah Nissan Juke


2010 : Meski dari pabrikan Jepang, Nissan justra pertama kali memperkenalkan Juke di Geneva Motor Show, Maret 2010. Animo publik begitu besar karena Juke hadir dengan desain yang berbeda dari mobil pada umumnya. Itu terlihat saat Juni 2010 diluncurkan di Jepang, Juke telah dipesan sebanyak 10.943 unit pada bulan pertamanya. Padahal targetnya ialah 1.300 unit perbulan.

2011 : Pasar otomotif Indonesia tidak perlu waktu lama untuk bisa memiliki Nissan Juke. Setahun selang peluncurannya di Jepang, Juke hadir di Indonesia dan meramaikan pasar crossover. Ada varian yang ditawarkan saat itu yakni tipe CVT dan tipe CVT RX.

Panduan Membeli Nissan Juke Bekas


The Integrated Control System (I-con)
Fitur canggih yang dipakai oleh juke ini mengintegrasikan pengendalian ac dan mode pengendaraan. Pastikan fitur ini bekerja dengan baik. Apakah tombol-tombolnya masih berfungsi dengan baik saat meng­atur suhu kabin. Dan juga ketika drving mode apakah mode berkendara bekerja dengan baik yakni mode eco, normal dan sport.

Transmisi
Meskipun unggul di desain, kenyamanan berkendara juga menjadi andalan Nissan juke. Khususnya saat anda menggunakan driving mode eco. Pengaplikasian sabuk baja membuat respon mesin saat berakselerasi terasa lambat. Sehingga dibutuhkan momen agar mobil bisa bergerak lebih cepat.

Mesin
Menggunakan mesin 1.500 cc DOHC 4-silinder dengan sistem injeksi memang tidak terlalu spesial. Namun bila ingin mendapatkan tenaga maksimal harus menggunakan bbm beroktak minimal 92. Selain itu perawatan mesin juga harus diperhatikan agar kinerjanya tidak loyo. Pastikan anda lakukan test drive sebelum membeli juke bekas.

Konsumsi BBM
Mesin yang digunakan Nissan Juke tergolong modern. Bila ingin mesin awet dan performa tetap terjaga, Anda harus menggunakan BBM minimal beroktan 92. Terlebih bila Anda sering menggunakan mode Sport yang bisa menguras banyak bahan bakar.

Akomodasi
Meskipun diklaim bisa memuat lima penumpang, namun kabin Juke tidak terlalu luas. Sehingga baris belakang tidak akan terlalu nyaman bila diisi tiga penumpang. Selain itu legroom juga kurang bersahabat untuk Anda yang bertubuh tinggi lebih dari 170 cm.

Bangku belakang
Posisi jok belakang boleh dikatakan terlalu tegak. Tidak heran bila mobil ini lebih cocok digunakan untuk di dalam kota. Badan penumpang belakang akan terasa cepat lelah bila melakukan perjalanan yang lama.

Tips Memilih Nissan Juke Bekas


Paling penting harus diperhatikan saat membeli Juke bekas adalah service record pemilik sebelumnya. Selain itu suspensi juga harus menjadi perhatian untuk Anda. Karena ini adalah mobil dalam kota, sokbreker umumnya sudah aus dan harus diganti karena kondisi jalan dalam kota yang kurang baik. Bisa dirasakan dengan bunyi-bunyi ketika melintasi jalanan berlubang atau bergelombang.

Topgir merekomendasikan tipe Juke CVT. Mengapa? Karena de­ngan harga yang lebih murah, fitur yang ditawarkan tidak beda jauh dengan tipe CVT RX. Mesinnya yang andal dan irit cocok untuk menemani aktivitas sehari – hari.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel