Tips dan Panduan Membeli Nissan Livina X-Gear Bekas

Nissan Livina X-Gear merupakan sebuah alternatif hatchback  1.500 cc yang sangat masuk akal untuk dimiliki. Menggunakan penggerak sama persis dengan Livina XR maupun Grand Livina, artinya mobil ini memiliki performa mesin sangat baik plus keiritan mengesankan.

Livina X-Gear autobild

Berbeda dengan Livina XR, X-Gear memiliki tampilan jauh lebih gagah berkat penambahan sekujur body kit  serta roof rail  berwarna hitam. Alhasil, ia pun sering dianggap sebagai sebuah crossover  dengan kemampuan off-road  lebih baik.

Pendapat itu memang tidak sepenuhnya benar. Selain penambahan pernak-pernik penambah nuansa gagah tersebut, sistem mekanikal di balik bodi X-Gear sama persis dengan Livina XR biasa. Meski begitu, tampilan gagah membuat daya tariknya di jalan meningkat. Ia terasa lebih ganteng dan proporsional.

Selain mesin, keunggulan Livina X-Gear adalah ruang belakang yang cukup lega. Sebanyak 5 penumpang dewasa bisa duduk nyaman di dalam mobil ini, dan bantingan suspensinya juga cukup lembut.

Tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, mobil ini menjadi makin fleksibel memenuhi segala kebutuhan Anda. Belum lagi jok belakang bisa dilipat untuk memperbesar kapasitas angkut barang.

Dari segi harga bekas, Livina X-Gear memang lebih tinggi ketimbang saudaranya. Ini wajar mengingat peminatnya cukup banyak dan berharga baru lebih mahal. Tidak sulit pula menemukan unit X-Gear yang masi baik, karena tahun pembuatannya relatif muda.

Sejarah Nissan Livina X-Gear


Masuk ke pasar Indonesia di pertengahan 2008, Livina X-Gear hadir melengkapi dua varian sebelumnya yakni XR dan Grand Livina. Dikonsepkan bagi mereka yang membutuhkan penampilan gagah, X-Gear mengambil basis dari XR yang lantas dibubuhi sejumlah pembeda.

Beberapa tambahan ini antara lain bumper depan-belakang, moulding  sepatbor, roof rail  serta trim  eksterior pintu hitam dof.  Mobil ini lantas dijual dengan banderol di antara XR dan Grand Livina Ultimate.

Meski berpenampilan macho,  Livina X-Gear memiliki ground clearance,  dan sistem penggerak yang sama persis dengan Livina XR. Jadi tidak terjadi penambahan kemampuan off-road,  namun lebih ke arah kosmetik.

Seiring peluncuran Livina dan Grand Livina facelift  di 2011, X-Gear pun melakukan sedikit penyegaran dengan ubahan pada bentuk dan corak lampu serta gril. Namun di pasaran mobkas akan lebih mudah menemukan X-Gear keluaran 2008-2010.

Panduan Membeli Nissan Livina X-Gear Bekas


Kaki-kaki
X-Gear bukanlah mobil off-road  sejati. Konstruksi suspensinya sama persis dengan keluarga Livina lainnya. Karena itu cek apakah kondisi kaki-kakinya masih bagus, dan tidak pernah digunakan untuk off-road  berlebihan oleh pemil sebelumnya

Mesin
Kualitas mesin Nissan Livina X-Gear sangat baik dalam hal performa serta konsumsi bbm. Tentu saja jika semua dalam kondisi baik.

Mobil ini mensyaratkan oktan minimal 91, sehingga bisa terjadi kerusakan apabila pemilik sebelumnya menggunakan bensin oktan rendah, dan terjadi detonasi terus menerus. Lakukan uji emisi untuk melihat kesempurnaan pembakaran di dalam silinder.

Transmisi
Walau bermesin responsif, transmisi otomatis yang digunakan X-Gear masih konvensional. Rasakan, apakah pengurangan kegesitan dari transmisi ini mengganggu keasyikan mengemudi Anda. Bila iya, pilihan lainnya adalah yang bertransmisi manual.
 
Body kit
Daya tarik utama X-Gear terletak pada trim  bodi warna hitam dof. Namun bagian ini sulit untuk dicat ulang bila terjadi cacat. Periksalah dengan seksama di sekujur bodi. Bila ada cacat, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mengurangi harga.

Service record
Dengan banyaknya jaringan bengkel resmi Nissan, seharusnya tak ada alasan bagi pemilik untuk melakukan servis X-Gear di luar bengkel resmi. Namun tak dipungkiri, ada juga yang melakukannya untuk menghemat biaya. Pastikan kendaraan incaran Anda memiliki catatan servis rapi di bengkel resmi. 

Tips Memilih Nissan Livina X-Gear Bekas


Hal pertama yang wajib dicek tentu saja kondisi bodi apakah pernah mengalami kecelakaan. Setalah itu, lihat apakah usia mobil dan jarak tempuh berada dalam kondisi wajar. Menurut saya, setiap 1 tahun mobil sewajarnya menempuh sekitar 10 ribu kilometer.

Dan seperti mobil modern lainnya, X-Gear memiliki sejumlah peralatan elektronik dan sensor. Bila lampu check engine (berwarna kuning) di instrumen menyala terus, artinya ada ketidakberesan. Kondisi itu harus dikonsultasikan ke bengkel resmi secepatnya untuk dilakukan pengecekan mendetail.

Nissan Livina X-Gear hanya memiliki satu varian. Dan tidak masalah Anda memilih tahun awal pembuatan, karena relatif masih cukup baru di pasaran. Begitu pula dengan pilihan transmisi, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel