Tips dan Panduan Membeli Nissan Teana Bekas

Permintaan mobil mewah di pasar otomotif seakan tidak pernah mati. Penjualannya cukup stabil, tidak heran bila Nissan sejak 2003 menjual Teana sebagai sedan mewah untuk bersaing dengan kompetitornya. Pada 2008 PT Nissan Motor Indonesia meluncurkan generasi kedua dengan perubahan yang cukup banyak. Inilah tips membeli Nissan Teana bekas di Indonesia.

Tips dan Panduan Membeli Nissan Teana Bekas

Dilahirkan sebagai mobil passenger-oriented, Nissan menawarkan sebuah sedan mewah yang mempunyai bantingan suspensi sekelas mobil premium Eropa yang dikenal nyaman. Dari pengetesan Topgir memang menunjukkan bahwa Nissan Teana mempunyai kenyamanan yang mirip dengan sebuah sedan mewah Eropa de­ngan harga yang lebih mahal.

Mesin V6 2.496 cc bertenaga 182 dk dirasa sangat cukup ketika hendak berakselerasi di jalan toll. Karakter tenaganya terasa rata baik dari putaran bawah sampai ke atas. Perpaduan transmisi CVT Xtronic membuat akselerasinya terasa halus sehingga tidak ada hentakan atau jeda perpindahan gigi. Sayangnya urusan konsumsi BBM mobil ini tergolong boros. Jadi bila Anda membeli mobil ini harus siap untuk mengeluarkan dana lebih untuk BBM selama perjalanan.

Pengendaliannya memang tidak sebaik sedan premium Eropa yang terasa mantap ketika bermanuver. Namun mengingat mobil ini diciptakan untuk menggunakan jasa pengemudi atau supir, tidak salah bila Nissan mengorbankan hal ini. Nilai tambahnya adalah ruang kaki dan kepala penum­pang terasa sangat lapang. Penumpang akan duduk dengan nyaman dan kaki lebih luasa bergerak.

Sejarah Nissan Teana di Indonesia


2004 Pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 2003 dan kemudian masuk ke Indonesia setahun berikutnya dalam bentuk CBU. Secara global ada tiga mesin yang digunakan pada Nissan Teana generasi pertama yakni 2.000 cc QR20DE, 2.300 cc VQ23DE, dan 3.500 cc VQ35DE. Di beberapa nega­ra seperti Hong Kong, Singapore, dan beberapa negara lainnya dinamai Cefiro karena penerus mobil sedan serupa yang laris di pasar otomotif negara tersebut.

2008 Empat tahun sejak peluncur­an perdananya, akhirnya Nissan melakukan perubah­an di 2008. Mulai dari eks­terior hingga interior mengalami perubahan desain. Aksen krom semakin banyak membuat tampil kian mewah. Lampunya merun­cing mengikuti tren saat itu dimana mulai banyak sedan mewah dengan lampu utama pipih. Di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia hanya menjual tipe mesin 2.500 cc VQ25DE.

2014 Tidak ingin ke­­hilangan ek­sistensinya, Nissan meluncurkan generasi terbaru dari Teana. Sektor kenyamanan ditingkatkan demi mempertahankan ciri khasnya yakni mobil dengan bantingan suspensi yang nyaman. Lampu utama maupun belakang sudah mengadopsi LED agar lebih terang dan hemat tenaga.

Panduan Membeli Nissan Teana Bekas


Mesin
Mesin Nissan Teana tergolong besar untuk ukuran sedan mewah. Berkapastias 2.496 cc bertenaga 182 dk V6 membuatnya harus rajin melakukan perawatan rutin. Pastikan bahwa pemilik sebelumnya rajin melakukan servis berkala. Ini bisa Anda cek melalui catatan buku servisnya.

Bodi
Dimensi bodi yang panjang dan lebar membuatnya harus ekstra hati-hati ketika berada di jalan raya. Terlebih mobil dengan orientasi penumpang ini lebih sering digunakan oleh supir sehingga pastikan bodi mobil terawat dengan baik. Cek bagian bawah bumper depan dan belakang juga sisi samping. Baret halus mungkin masih wajar, tetapi ketika ada baret kasar hingga mengelupas cat bisa menjadi kerugian untuk Anda.

Fitur
Cukup banyak fitur yang disematkan pada Nissan Teana generasi kedua ini. Seperti sunroof, tirai belakang elektrik, smart key, HID, Vehicle Dynamic Control, 6 airbag, sensor parkir dan lainnya. Beberapa fitur tersebut harus Anda pastikan berfungsi dengan normal, seperti sun roof apakah masih bisa membuka dengan normal dan penuh tanpa ada jeda. Jangan lupa juga cek bagian motor dan karet. Begitu juga dengan tirai belakang elektrik apakah berfungsi dengan baik atau ada kerusakan karena berhubungan dengan elektrik.

Bahan Bakar
Mesin 2.488 cc 4-silinder bertenaga 173 dk memang terasa bertenaga untuk berakselerasi. Namun perlu Anda ketahui bahwa mesin Nissan konvensional ini tergolong boros BBM. Belum lagi kapasitas tangkinya sangat besar karena sanggup menampung 70 liter bensin yang artinya bila ingin diisi penuh akan perlu biaya banyak. Anda juga harus memberi asupan bahan bakar berkualitas minimal oktan 92.

Desain
Desain sedan saat ini cenderung compact tetapi memberikan ruang kabin yang lapang. Selain itu juga adanya lekukan di bodi untuk membuat kesan sporty. Sementara Nissan Teana generasi kedua ini masih mengadopsi desain membulat seperti mobil dahulu. Pastikan bahwa desain ini sesuai selera Anda.

Populasi
Salah satu kendala ketika Anda mencari Nissan Teana bekas adalah populasinya yang tidak terlalu banyak. Mobil ini pada dasarnya tidak buruk, namun kompetitornya cukup banyak dikelasnya. Selain itu Toyota Camry lebih mudah ditemukan karena jaminan jaringan servis dan daya tahan. Perlu waktu lebih banyak untuk mencari mobil bekas ini dengan kondisi yang baik.

Tips Memilih Nissan Teana Bekas


Ketika membeli Nissan Teana bekas, cek catatan servisnya. Mengingat usia mobil ini belum lebih dari lima tahun seharusnya pemilik sebelumnya masih rajin untuk melakukan perawatan ke bengkel resmi. Bodi Nissan Teana tergolong besar, coba cek bodi apakah ada bekas terserempet seperti baret-baret. Rasakan juga performa mesin apakah menggelitik atau tenaganya loyo, karena bisa jadi pemilik sebelumnya tidak menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan minimal 92.

Secara global Nissan teana memang mempunyai tiga tipe pilihan mesin. Namun di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia hanya menjual satu tipe yakni XV berkapastias 2.500 cc. Meski tidak ada pilihan lain namun Nissan Teana cocok untuk Anda yang mencari sedan mewah dengan kenyamanan sekelas mobil sedan Eropa. Harga bekasnya pun terjangkau dan tidak jauh berbeda dari kompetitornya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel