Tips dan Panduan Membeli Range Rover Bekas

Jika Anda sedang membicarakan SUV non Jepang atau Korea, ada 2 nama yang wajib disebut yakni Jeep dan Land Rover. Sama seperti Jeep, hampir semua model yang dijual Land Rover adalah versi SUV, salah satunya ialah Range Rover.

Tips dan Panduan Membeli Range Rover Bekas Autobild

Banyak konsumen yang terpikat oleh kombinasi kemewahan dan ketangguhan yang ditawarkan Range Rover. Bahkan mobil ini sempat memenangkan Rally Paris-Dakar perdana tahun 1979 dan tahun 1981 de­ngan menyelesaikan balapan sejauh 10.000 km.

Sosok Range Rover mulanya tampil cukup kaku. Lekuk bodinya tegas dan cenderung mengotak. Ciri khas mobil ini terletak dari desain gril dan lampu utama yang juga kotak dengan proyektor bulat di dalamnya.

Seiring berjalannya waktu, kehadiran Range Rover generasi keempat mulai menampakkan perubahan signifikan. Desain bodi tampil lebih dinamis, dengan lampu utama yang lebih menyipit dan tegas.

Meski begitu, mobil ini tetap mempertahankan ground clereance yang tinggi lengkap dengan pilihan penggerak 4 roda. Tidak heran jika mobil ini tetap jadi incaran petualang mapan. Bahkan untuk mobil bekasnya, harga mobil ini tetaplah tinggi. Berikut beberapa informasi sebelum membelinya.

Sejarah Range Rover


1994 : Range Rover memperbaharui tampilan untuk pertama kalinya sejak tahun 1970. Dengan kode produksi P38A, versi terbaru ini mengusung mesin berkonfigurasi V8. Ada juga pilihan dari mesin BMW 2.500 cc 6-silinder turbo-diesel dari dengan pompa injeksi BOSCH. Ini adalah injeksi Diesel pertama dengan kontrol elektronik yang diusung Land Rover, sebelum common-rail diperkenalkan.

2002 : Pada tahun ini, Range Rover dikembangkan di bawah kepemilikan BMW generasi ketiga. Ia berbagi teknologi dengan BMW Seri-7 (E38). Model ini dirancang untuk mengakomodasi mesin BMW M62 V8. Seluruh model hanya mengadopsi transmisi otomatis.

2012 : Range Rover generasi keempat pertama kali diperkenalkan di Paris Motor Show 2012 dengan kode L405. Model generasi keempat inipun sudah dihadirkan PT Grandauto Dinamika dalam beberapa model baik itu Range Rover, Range Rover Sport, dan Range Rover Evoque.

Panduan Membeli Range Rover Bekas


Fitur
Sebagai premium SUV, Range Rover dibekali sederet fitur elektronik canggih. Jangan ragu untuk mengecek dan mencoba keseluruhan fitur tersebut. Pahami juga cara kerjanya, dan bila ada tombol yang dirasa tidak berfungsi optimal, bawa langsung ke bengkel terdekat.

Mesin
Mobil ini sejatinya didukung unit diesel 4.367 cc berkonfigurasi V8. Jika diijinkan oleh pemilik sebelumnya, sebaiknya langsung uji performanya secara maksimal. Lihat bagaimana respon tarikan mesin bertenaga 339 dk apakah masih cukup gahar

Eksterior
Sebagai mobil dua alam (on-road/off-road), bodi mutlak diperhatikan secara detail. Perhatikan sudut-sudut bumper depan dan belakang serta pelek yang kerap lecet saat mobil di bawa ke medan ekstrem. Jika ingin lebih seksama, bawa juga ke bengkel cuci yang punya mesin hidrolis untuk melihat bagian under body. 

Suspensi
Bantingan suspensi Range Rover Vogue seharusnya sudah begitu halus dan empuk. Pasalnya mobil ini sudah mengadopsi suspensi udara. Jika ingin meminang mobil bekasnya, perhatikan apakah tinggi suspensi depan dan belakang pada tiap sudutnya seimbang. Mudahnya jika sudah rusak, pada panel instrumen akan muncul indikator air suspension fault.

Service Record
Tidak banyak bengkel umum yang bisa mengerjakan mobil khusus Land Rover termasuk Range Rover. Tapi ketika Anda ingin membeli Range Rover bekas, pastikan dulu jika riwayat servis mobil ini dilakukan dengan baik di bengkel terpercaya. Perawatan yang apik, dipastikan akan menjaga garansi tidak void atau hangus.

Tips Memilih Range Rover Bekas

Sebaiknya sebelum meminang Range Rover bekas, Anda wajib tahu riwayat mobil tersebut. Anda wajib tahu riwayat general check-up mobil tersebut di bengkel sebelumnya sehingga Anda bisa melanjutkan perawatan mobil itu dengan teliti. Sehingga Anda bisa mengetahui mana komponen yang pernah rusak sehingga tahu perlakuan yang benar untuk mobil tersebut.

Dengan kapasitas mesin yang besar, performa Range Rover Vogue tidak perlu diragukan. Terlebih mobil ini mengimbanginya dengan kesenyapan kabin yang begitu baik. Pun dengan kemewahan dan fitur yang juga lengkap. Bahkan dengan sederet keanggunan rupanya, mobil ini tetap mumpuni diajak ke medan ekstrem. Pasalnya untuk bermain di tanah Vogue juga dilengkapi penggerak 4 roda dan 6 mode berkendara.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel