Tips dan Panduan Membeli Range Rover Evoque Bekas

Secara penampilan Range Rover Evoque memiliki desain yang menarik dan atraktif. Kaca yang rendah serta garis bahu tinggi dipadu sepatbor serta ban besar membuatnya terlihat kokoh dan kompak. Lampu utama yang pipih dipadu gril khas Range Rover membuatnya terlihat modern.

Tips dan Panduan Membeli Range Rover Evoque Bekas

Sejatinya sebuah mobil Eropa, jok kulit menjadi standar di kabin untuk memberi kenyamanan. Desain semi bucket membuat pengemudi terasa nyaman. Tidak hanya jok tapi setir juga dibalut kulit membuatnya nyaman digenggam.

Kenyamanan tidak berhenti pada material, peredaman kabin yang sangat baik menjadi keunggulan mobil ini. Embusan udara dingin dari ventilasi AC ditambah sistem audio yang mumpuni kian menambah kenyamanan seluruh penumpang.

Sistem audio dengan merek Meridian memanjakan kuping dengan 11 speaker yang tersebar di seluruh kabin. Ketika Anda memasang DVD maka kualitas suara yang dihasilkan bisa setara Dolby. Pun in-car entertainment yang menyenangkan menjadi menu spesial pada Range Rover Evoque.

Soal performa, di Indonesia ada dua mesin yang beredar yakni diesel berkapasitas 2.200 cc dan bensin 2.000 cc. Namun paling banyak beredar di pasaran adalah mesin bensin karena animo konsumen terhadap Range Rover Evoque diesel masih minim.

Sejarah Range Rover Evoque di Indonesia


2011: Range Rover Evoque pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 18 November 2011. Hadir dengan dua pilihan model yakni coupe 3-door bermesin diesel 2.200 cc dan 5-door dengan mesin bensin 2.000 cc.

2013: Merek Land Rover diambil alih oleh Agen Pemegang Merek (APM) baru PT Grandauto Dinamika. Range Rover Evoque pun dirilis ulang dengan pilihan mesin yang sama namun fokus pada penjualan tipe 5-door. Di tahun yang sama fitur Magne Ride dihilangkan karena banyaknya keluhan dari konsumen.

Akhir tahun 2013 Range Rover Evoque penjualannya hanya fokus pada model bensin. Kebijakan ini karena antusias konsumen terhadap mesin diesel masih minim.

2014: Semester kedua tahun 2014 Range Rover Evoque mendapatkan minor upgrade yakni transmisi baru 9-speed otomatis.

2015: Pada awal tahun PT Grandauto Dinamika meluncurkan Range Rover Evoque Lunar Edition menyambut imlek. Perbedaan terlihat pada eksterior yang serba hitam serta beberapa interior yang ada peningkatan yakni di paddles dan rotary shifter.

2016: Tahun ini Range Rover Evoque mengalami penyegaran alias facelift. Perubahan penting terdapat pada eksteriornya. Dimana SUV premium ini sekarang menggunakan headlamp model baru yang telah dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL).

Panduan Membeli Range Rover Evoque Bekas


Suspensi
Ada dua sistem suspensi yang digunakan Range Rover Evoque yakni Magne Ride dan Coil Spring. Perbedaan paling jelas dari kedua tipe suspensi ini ada pada sokbrekernya. Pada sistem Magne Ride, suspensinya menggunakan magnet yang berfungsi mengatur tingkat kekerasan suspensi secara otomatis berdasarkan kondisi jalan. Sistem ini rentan memberikan efek suara yang agak menganggu seperti bunyi ‘gluduk’ saat melewati jalanan berlubang atau polisi tidur. Pastikan bahwa Range Rover Evoque yang Anda beli sudah menggunakan Coil Spring atau tepatnya produksi 2013-2015.

Mesin
Bagi Anda pecinta diesel dan ingin membeli Range Rover Evoque diesel, pastikan emisi gas buang EURO 4 ke bawah. Apabila ternyata EURO 5 dipastikan sudah menggunakan diesel particualte filter (DPF). Ketika Anda mengisi bahan bakar yang masih EURO 2 dalam jangka panjang bisa menyumbat saluran gas buang. Ciri-cirinya adalah mesin tidak bertenaga dan indikator DPF menyala pada instrumen panel. Sementara untuk mesin bensin yang harus dicek adalah cooling system khususnya water pump dan damper pulley untuk produksi awal (2012).

Sistem Kemudi
Lakukan test drive sebelum membeli dan rasakan setir serta pastikan dalam kondisi normal. Salah satu caranya adalah tidak ada gejala bunyi yang aneh. Ini bisa lebih mudah dicek karena Range Rover Evoque sudah menggunakan sistem Electric Motor Power Steering.

VIN
Hal mendasar yang harus Anda perhatikan ketika membeli Range Rover Evoque bekas adalah catat nomor rangka kendaraan atau VIN (Vehicle Identification Number) yang terdapat pada kaca depan sebelah kiri bawah. Lalu cek ke dealer resmi Jaguar Land Rover untuk ditanyakan kepada service advisor seperti apakah beli dari APM atau Importir Umum. Selain itu juga cek masa garansinya apakah sudah habis atau belum?

Riwayat Perawatan Berkala
Di Indonesia tidak banyak bengkel umum yang ahli mengerjakan mobil spesial seperti Land Rover termasuk Range Rover Evoque. Cari kendaraan yang mempunyai riwayat perawatan di bengkel resmi. Pastikan bahwa perawatan mobil ini dilakukan dengan baik di bengkel resmi. Nilai jual akan lebih tinggi ketika pemilik mobil rajin melakukan servis ke bengkel resmi.

Update Software/Service Action
Minta waktu kepada penjual untuk dibawa ke dealer resmi untuk dicek apakah mobil ini memerlukan service action atau software update. Bila Anda tidak sempat bisa melalui telepon ke bengkel resmi dengan menyebutkan nomor rangka atau VIN. Agar mendapatkan performa terbaik, pastikan mobil selalu terupdate softwarenya.

Tips Memilih Range Rover Evoque Bekas


Range Rover Evoque di Indonesia sudah cukup lama hadir tepatnya 2011 tapi yang dijual resmi oleh PT Grandauto Dinamika mulai tahun 2013. Salah satu perbedaannya adalah suspensi tidak lagi menggunakan Magne Ride tetapi sudah Coil Spring. Pilihan mesin bensin lebih baik karena kualitas buruk dari bahan bakar diesel.

Meski ada dua tipe mesin yang beredar di pasar mobil bekas yakni bensin dan diesel, Topgir lebih merekomendasikan mesin bensin. Populasinya yang banyak menjadi alasan utama sehingga Anda ada banyak pilihan. Selain itu kualitas bahan bakar bensin berkualitas lebih terdistribusi luas di pelosok Indonesia dibanding BBM diesel berkualitas.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel