Tips dan Panduan Membeli Range Rover Vogue Bekas

Sejak diluncurkan oleh PT Java Motor di Indonesia pada tahun 2002, Range Rover Vogue 4.4 LM ini cukup dilirik oleh para eksekutif.

Range Rover Vogue autobild

Kenyamanan mobil ini tidak diragukan lagi. Apalagi berbagai teknologi canggihnya seperti suspensi udara, dan berbagai perangkat stability control sudah menjadi fitur standartnya. 

Kini, dengan harga bekas yang hampir sama dengan medium suv keluaran Jepang dalam kondisi baru, mobil ini masih dilirik bagi sebagian orang.

Kita pun juga dapat bergaya seperti mafia dan agen rahasia di film-film produksi Hollywood saat menunggangi mobil keluaran Inggris ini.

Tapi kita harus berhati-hati saat ingin membelinya. Karena biaya perawatannya yang mahal dapat menguras dompet kita jika mendapatkan mobil yang kondisinya kurang baik.

Terutama jika suspensi udaranya rusak. Harganya yang mencapai angka sekitar Rp 12 jutaan per piece nya akan menguras kantong kita. Ada sebagian orang yang mengganti suspensi udaranya dengan suspensi biasa. Tapi hal ini tentu sangat tidak direkomendasikan karena akan mengurangi kenyamanan dan kestabilannya.

Pada rubrik how to buy kali ini, Topgir coba untuk memberikan informasi jika ada pembaca yang ingin membeli mobil ini. Ia sendiri merupakan salah satu SUV terbaik dunia. Apa yang harus diperhatikan jika ingin meminangnya?

Sejarah Range Rover Vogue di Indonesia


2002 : Pada tahun 2002, PT. Java Motor meluncurkan Range Rover Vogue generasi ketiga. Mobil ini menggunakan mesin BMW dengan kode mesin M62 V8 dengan kapasitas 4.400 cc. Mesin ini merupakan salah satu mesin Range Rover yang jarang rusak. Model dan mesin ini bertahan hingga tahun 2006.

Panduan Membeli Range Rover Vogue Bekas


Lampu peringatan
Perhatikan apakah ada lampu peringatan yang tak padam saat mencoba Range Rover Vogue incaran Anda. Lampu tersebut memberitahu pemilik mobil apakah ada sistem yang rusak. Waspadalah bila ada lampu peringatan lain yang menyala.

Suspensi
Suspensi Range Rover Vogue telah mengadopsi teknologi air suspension. Suspensi ini memang lebih nyaman, tapi kalau sudah rusak, akan memakan biaya mahal. Pastikan suspensinya masih bekerja dengan baik.

Mesin
Biasanya pada mobil Range Rover yang telah berusia 8 tahun ke atas, sering dijumpai adanya rembesan oli pada ruang mesin dikarenakan adanya keausan gasket pada kepala silinder, Hal ini mempengaruhi performa dari mesin mobil yang akan dipilih.

Interior
Interior Range Rover Vogue berkualitas baik, namun daya tahannya tentu tergantung dari cara pemakaian. Ada baiknya menilik kondisi interior terutama panel dasbor, jok serta plafon.

Service Record 
Kebugaran Range Rover Vogue juga sangat bergantung pada perawatan di bengkel resmi. Pastikan seluruh servis berkala dilakukan teratur dan tercatat pada buku servis.

Jaringan Service
Untuk yang berada di luar Jakarta, pastikan apakah ada tempat untuk merawat Range Rover Vogue di kota Anda. Mobil ini tak bisa dirawat oleh sembarang bengkel dan memerlukan peralatan serta keahlian khusus.

Tips Memilih Range Rover Vogue Bekas


Range Raver Vogue 4.4 hanya masuk Indonesia dari rentang tahun 2002 sampai 2005. Modelnya pun juga tidak ada perubahan. Topgir menyarankan Anda membeli keluaran tahun 2005, karena tahun itu merupakan versi terakhir dari mobil bermesin dengan kapasitas 4.400 cc ini.

Pada saat memilih Range Rover Vogue 4.4, perhatikan catatan servisnya dengan melakukan pengecekan ke bengkel resmi dari Land Rover. Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat diketahui asal-muasal mobil yang dipilih serta riwayat perawatannya.

Jangan lupa untuk memperhatikan jarak ruang fender pada masing-masing roda, pastikan keempatnya memiliki jarak yang sama. Hal ini untuk mengindikasikan kondisi dari suspensi udara pada keempat roda. Jika ada suspensi yang lemah, maka jarak ruang fender nya akan lebih turun dibanding dengan suspensi yang sehat.

Selain itu perlu juga dilakukan pengecekan pada bagian ruang mesin. Biasanya pada mobil Range Rover yang telah berusia 8 tahun ke atas, sering dijumpai adanya rembesan oli pada ruang mesin dikarenakan adanya keausan gasket pada kepala silinder, Hal ini mempengaruhi performa dari mesin mobil yang akan dipilih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel