Tips dan Panduan Membeli Suzuki Grand Vitara Bekas

Inilah SUV lansiran Suzuki yang dipersiapkan menggoda pasar. Sejak Juli 2006, Suzuki Grand Vitara menjadi pilihan konsumen transporter tangguh di perkotaan dan semi off-road.


SUV ini dijadikan simbol kebangkitan Suzuki di pasar gemuk Tanah Air. Tampilan apik nan berani serta strategi pricing tepat menjadi kunci Suzuki tetap eksis di kelas ini.

Desain eksterior mengotak dan tajam membuat sosoknya terlihat jantan tetap dipertahankan. Suzuki tidak hanya mengandalkan GV 2.000 cc, namun mesin 2.400 cc juga dihadirkan awal 2009. Selain mesin, nuansa mewah pada kabin begitu kentara dengan warna cream nan cerah.

Sementara pihak Suzuki tengah melakukan strategi harga yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus dibandingkan rival. Kedua varian ini resmi meluncur di pasar Nasional pada pengujung Februari 2009.

Sejarah Suzuki Grand Vitara di Indonesia


Medio 2006, tepatnya Juli, Suzuki resmi memboyong Grand Vitara 2.000 cc untuk pasar Indonesia. Era kejayaan Vitara di awal 1990-an diusung Suzuki memenuhi kebutuhan pasar SUV Tanah Air. Namun strategi pemasaran diubah. Kini, Grand Vitara hadir dengan citra 4x¬2 beda dengan era Vitara sebelumnya, 4x4. Ada 2 varian JM dan JLX untuk transmisi manual dan matik. Citra tangguh pun tetap kental karena 4x2 yang digunakan berpenggerak belakang (RWD).

Awal 2009, mesin 2.400 cc Grand Vitara diperkenalkan publik Indonesia untuk bersanding dengan versi 2.000 cc. Sentuhan SUV mewah dan bertenaga begitu melekat pada GV 2.4 ini. Selain mesin, fitur anyar seperti auto lamp, MID dan nuansa kulit di kabin kian mempertegas hal itu.

Medio 2012, Suzuki menyegarkan tampilan Grand Vitara untuk bertahan di tengah kepungan rival. Strategi yang dipilih adalah dengan melakukan penyegaran alias facelift. Ubahan paling kentara, tampak pada lampu depan kini bezels-nya dicat hitam sehingga memberi kesan sorot mata tajam. Trik ini juga mengekspos bentuk proyektor lampu.

Panduan Membeli Suzuki Grand Vitara Bekas


Mesin
Pastikan mesin Suzuki Grand Vitara masih dalam kondisi prima. Lihat kondisi aktual di sekeliling bagian mesin dalam kondisi “kering”, tidak ada lelehan pelumas ataupun cairan di sekitarnya. Maklum mesin 2.393 cc 4-silinder terkenal andal dan mampu memberikan performa apik.

Buku Servis
Lihat historical service lewat buku servis. Apalagi Anda mencari Grand Vitara lansiran terbaru yang notabene masih memiliki catatan servis dan tercatat dengan baik di bengkel resmi. Setidaknya, Suzuki GV Anda terawat dengan apik mulai dari perawatan servis rutin hingga penggantian cairan dan pelumas terjaga baik.

Suspensi
Tidak ada cara lain, mencoba langsung dan melihat performa suspensi dengan test drive di lapangan. Pastikan kondisi bagian ini prima dengan mengecek sokbreker, per serta bantalan suspensi, periksa kondisi aktual. Bisa juga dengan melewati gundukan untuk melihat bantingan suspensi. Jika mengayun lebih dari sekali maka berarti sokbreker sudah lemah.

Tips Memilih Suzuki Grand Vitara Bekas


Salah satu keunggulan Suzuki Grand Vitara pada kekuatan kaki-kakinya alias suspensi. Keandalannya menjelajah jalan semi offroad, Grand Vitara bisa diandalkan. Kelembutan dan kekuatan saat melaju menjadi pertimbangan konsumen memilih GV.

Soal perawatan, Suzuki Grand Vitara terbilang tidak rewel. Apalagi bila konsumen rutin memeriksa perawatan berkala dengan baik dan benar. Selain itu, desain gagah juga menjadi alasan konsumen memilih SUV ini.

Suzuki menawarkan 2 pilihan mesin untuk Grand Vitara; 2.0 dan 2.4 liter. Topgir merekomendasikan Grand Vitara 2.4 bertransmisi manual 5-speed sebagai pilihan. Selain bertenaga, tampilan mewah serta fitur yang disodorkan seperti monitor 2-DIN dengan layar sentuh. Headunit ini bisa memutar cakram DVD, VCD dan memutar file musik berformat MP3.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel