Tips dan Panduan Membeli Suzuki Karimun Estilo Bekas

Meski sudah berhenti produksi, City Car andalan Suzuki ini tetap banyak dicari. Mesinnya yang irit dan ramah lingkungan serta desainnya yang khas jadi alasan mobil bekas ini layak dibeli

Kiprah Suzuki dalam penjualan City Car sangat konsisten. Sejak 1999, pabrikan asal Jepang ini telah memperkenalkan Karimun yang berhasil menyita perhatian konsumen lokal.

Tips dan Panduan Membeli Suzuki Karimun Estilo Bekas Autobild

Seiring waktu teknologi konvensional seperti mesin karburator mulai ditinggalkan. Gantinya, pada 2007 Karimun Estilo 1.100 cc dirilis menggunakan mesin injeksi.

Dua tahun kemudian, Suzuki meluncurkan Karimun Estilo terbaru dengan perubahan tampilan alias facelift. Seakan tidak puas dengan performa produk unggulannya, Suzuki memakai mesin K-Series yang diklaim lebih irit dan bertenaga.

Adalah mesin tipe K10B dengan bahan aluminium dengan kualitas material yang ringan dan kuat membuat mobil lebih efisien. Tenaga New Karimun Estilo ini pun diklaim lebih besar diban­ding generasi sebelumnya.

Sayangnya, saat ini Suzuki Indonesia telah menghentikan produksi Estilo sejak 2013. Se­bagai gantinya, Karimum Wagon R didapuk menjadi penerus mobil kota legenda ini.

Sejarah Suzuki Karimun Estilo di Indonesia


2007 Pertama kali Suzuki menghadirkan perubahan desain dari City Car andalannya, Karimun. Tidak hanya desain yang tidak lagi kotak tapi teknologi baru yakni sistem injeksi turut dipasang untuk performa yang maksimal. Adapun mesin yang digunakan ialah F10D SOHC Hypertech Engine, 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.086 cc.

2009 Merasa performa dan keiritannya masih bisa ditingkatkan, Suzuki mengganti Estilo dengan mesin K-Series ke publik. Performanya diklaim lebih meningkat dan lebih ramah lingkungan. Material aluminium yang digunakan pada blok mesin membuat bobotnya lebih ringan. Terlebih mesin berkode K ini telah disematkan electronic circuit modul (ECM).

2013 September 2013, Suzuki Indonesia meluncurkan Karimun Wagon R dengan desain mirip dengan generasi pertama yakni mengotak. Karimun Estilo pun dihentikan produksinya guna fokus ke Wagon R sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Panduan Membeli Suzuki Karimun Estilo Bekas


Mesin
Teknologi mesin yang sudah modern membuat pemilik Karimun Estilo seharusnya menggunakan BBM oktan 92 untuk mencapai performa maksimal. Namun masih banyak dijumpai pemilik Karimun Estilo yang nekat menggunakan BBM oktan 88. Kinerjanya menjadi loyo dan mesin menggelitik. 

Buku Servis
Mengingat mobil ini sudah cukup lama hadir di Indonesia, maka perawatan berkala menjadi hal penting. Buku servis menjadi pedoman bagi Anda saat membeli mobil bekas. Bila si pemilik sebelumnya Estilo dirawat dengan benar dan servis rutin kecil kemungkinan ada kerusakan parah.

Busi & filter udara
Busi dan saringan udara menjadi spare parts yang harus diperhatikan secara seksama. Pastikan kondisinya baik sehingga tidak perlu penggantian. Bila perawatannya teratur, bisa meminimalisir getaran dari mesin 3 silindernya.

Akomodasi
Secara dimensi dan desain, Karimun Estilo berbeda dengan generasi sebelumnya. Memang terlihat lebih panjang dan bagasi lebih luas. Tetapi ruang penumpang lebih sempit khususnya bangku belakang. Idealnya hanya bisa diisi dua orang saja.

Engine mounting
Bila Anda ingin memastikan apakah performa mesinnya masih bagus, bisa periksa engine mounting. Cek apakah kondisi dudukan mesin masih dalam kondisi baik. Bila terlihat tidak wajar, ada kemungkinan efek getaran mesin 3-silinder yang menganggu komponen ini.

Ukuran ban
Bila pemilik sebelumnya masih menggunakan ban OEM, Anda bisa menggantinya dengan ban aftermarket dengan tapak lebih lebar. Hal ini demi mendapatkan daya cengkeraman ban yang optimal.

Tips Suzuki Karimun Estilo Bekas


Suzuki Karimun Estilo sangat cocok untuk mobil sehari-hari. Dengan harga bekasnya dibawah Rp 100 juta, ini menjadi pilihan menarik selain mobil baru LCGC. Mesin K-series mempunyai tenaga yang baik dan paling penting lebih irit dari generasi sebelumnya.

Kapasitas mesinnya memang hanya 1.000 cc tetapi performanya layak diacungi jempol. Lalu lintas yang padat masih nyaman mengendarai Estilo dan Anda tidak perlu khawatir cepat kehabisan bahan bakar.

Sayangnya, Suzuki Indonesia hanya menjual satu varian untuk Karimun Estilo yakni VXi. Sehingga tidak ada pilihan Anda ketika memburu City Car mungil ini. Namun Anda bisa membeli yang produksi terakhir dengan harapan kondisi mesin lebih baik. Terlebih di generasi terakhir Karimun Estilo sudah mengadopsi mesin berkode K yang lebih irit.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel