Tips dan Panduan Membeli Suzuki Karimun Wagon R Bekas

Nama Karimun sudah identik dengan produk mobil mungil Suzuki. Dengan perubahan model dan spesifikasi, kini Suzuki memasukkan produk legendanya ini ke segmen Low Cost Car. Berikut tips membeli Suzuki Karimun Wagon R bekas.

Tips dan Panduan Membeli Suzuki Karimun Wagon R Bekas

Meski penjualannya tidak sebanyak produk pabrikan Jepang lainnya seperti Toyota, Daihatsu atau Honda, namun Suzuki mempunyai sebuah produk yang namanya melegenda yakni Karimun. Hadir sejak 1993, dahulu mobil ini menjadi mobil mungil alias city car andalan PT Suzuki Indomobil Sales.

Kini Suzuki Indonesia memasukkan mobil ini ke dalam segmen low cost green car (LCGC). Desainnya sekilas mirip dengan desain pertama yang diluncurkan Suzuki. Tampak belakang bodi terlihat mengotak dengan lekukan tajam. Sepertinya Suzuki Indonesia ingin mengembalikan masa kejayaan Suzuki yang diraihnya pada generasi pertama.

Dengan bodi mengotak tersebut, ada keuntungan soal akomodasi karena otomatis Karimun Wagon R mempunyai ruang kepala yang lebih banyak dibanding rival sekelasnya. Namun dengan panjangnya yang tergolong kecil, membuat leg room terasa sempit sehingga kaki harus menekuk tegak. Tidak terasa nyaman untuk perjalanan jauh.

Menggunakan mesin K10B 3-silinder DOHC berkapasitas 998 cc bertenaga 68 dk, Karimun Wagon R ini sanggup memberi efisiensi bahan bakar yang tinggi. Untuk rute dalam kota saja, ia sanggup mencapai 15,4 km/l. Sebagai kendaraan kota yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, tentu keiritan menjadi fokus para pembelinya. Mesin ini merupakan pengembangan dari mesin milik Karimun Estilo dulu.

Nah, Anda yang berencana mencari atau membeli mobil bekas Suzuki Karimun Wagon R ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari mesin, servis record, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya simak tulisan berikut.

Sejarah Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia


2013 : Dikeluarkannya peraturan baru oleh pemerintah soal LCGC membuat banyak pabrikan berlomba-lomba membuat produk sesuai persyaratan yang tertera. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek Suzuki di Indonesia tidak tinggal diam. Mempunyai produk yang namanya tidak asing, yakni Karimun didapuk menjadi ‘senjata’ bermain di segmen baru ini. Mengambil konsep Karimun generasi awal, Suzuki Indonesia berharap bisa mengembalikan masa kejayaannya terdahulu.

2014 : Tingginya animo masyarakat terhadap produk LCGC membuat Suzuki memutuskan meluncurkan Karimun Wagon R varian terbaru yaitu GS dengan tampilan lebih modern dan keren. Desain grill, bumper serta beberapa detail ornamen eksterior dan interior membuat tipe GS ini terlihat berbeda dari tipe lainnya. Bagi konsumen yang menginginkan tampilan sporty, tipe ini adalah yang terbaik.

2015 : Semakin meningkatnya penjualan mobil bertransmisi otomatis membuat Suzuki Indonesia ingin memberi opsi kepada konsumen pada produk Karimun Wagon R. Muncullah tipe AGS yang merupakan singkatan dari ‘Auto Gear Shift’. Menariknya transmisi otomatis yang digunakan bukan sistem hidraulis dan Suzuki Indonesia mengklaim AGS ini lebih responsif dan efisien dibanding transmisi otomatis konvensional.

Panduan Membeli Suzuki Karimun Wagon R Bekas


Mesin
Menggunakan mesin 3-silinder identik getarannya lebih terasa dibanding 4-silinder. Namun bukan getaran saja yang harus dicek. Meskipun tergolong mobil berusia muda, pengecekan mesin wajib hukumnya ketika membeli mobil bekas. Pastikan tidak ada bocor pada cairan seperti air radiator, wiper dan bagian cair lainnya. Selain itu rasakan performanya apakah perpindahan gigi masih terasa normal atau ada kendala.

Buku Servis
Bila produksi pertama adalah 2013, artinya usia tertua Karimun Wagon R adalah 2 tahun. Cara mudah untuk memastikan apakah pemilik sebelumnya merawat mobilnya bisa dicek melalui buku servis yang diberikan dari diler tempat pembelian. Disana terekam semua mulai dari servis rutin sampai catatan bila pernah mengganti spare parts.

Bodi
Mengingat mobil ini umumnya digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, maka cek dengan teliti sekeliling bodi mobil. Ada kemungkinan bila tidak hati-hati terserempet kendaraan lain. Bila terlihat tidak ada bekas goresan pada bodi mobil, perhatikan dengan seksama warna cat. Bila terlihat ada yang berbeda, ada kemungkinan bagian tersebut bekas tabrakan sehingga dicat ulang. Meskipun bodi Karimun Wagon R mungil, tetapi insiden masih bisa terjadi pada mobil ini dengan kepadatan lalu lintas.

Akomodasi
Bentuknya yang mengotak membuat akomodasi Karimun Wagon R tidak cocok untuk semua orang. Bagi orang yang berpostur tinggi namun kurus, mobil ini cocok karena memberi ruang kepala yang luas. Meskipun risikonya kaki tidak bisa diluruskan karena tertekuk tegak dengan keterbatasan ruang kaki baik pengemudi maupun penumpang.

Bahan Bakar
Salah satu persyaratan pemerintah soal LCGC adalah produknya dilarang menggunakan bahan bakar RON88. Setiap mobil LCGC wajib menggunakan bahan bakar diatas RON90 yang artinya minimal Pertalite. Berhubung teknologi mesin yang diusung sudah modern, tidak ada salahnya menggunakan bahan bakar berkualitas demi performa optimal.

Limbung
Bodi mobilnya yang meninggi membuat manuvernya terbatas. Layaknya sebuah mobil MPV yang mempunyai atap tinggi, Karimun Wagon R juga mempunyai manuver yang mirip MPV yakni gejala limbung saat manuver di kecepatan tinggi.

Tips Memilih Suzuki Karimun Wagon R Bekas


Nama Karimun termasuk favorit untuk konsmen yang membutuhkan mobil untuk beraktivitas sehari-hari. Jalanan ibu kota yang kian menyempit atau masuk ke dalam gang perumahan akan cocok dengan dimensi mobil ini yang kecil. Ketika Suzuki Indonesia memasukkan Karimun sebagai mobil LCGC pamornya kembali berjaya setelah sempat redup sejak Estillo terakhir.

Rata-rata usia mobil ini masih sangat muda sehingga tidak banyak pengecekan detail. Mulai saja dari bodi apakah ada baret atau goresan karena terserempet kendaraan lain. Buku servis bisa jadi petunjuk bahwa mobil tersebut dirawat secara baik atau tidak.

Sejak pertama kali diluncurkan sampai 2014 ada lima varian yang beredar di pasaran. Dengan selisih harga yang tipis, tipe GS dengan tampilan yang lebih sporty dan fitur lebih lengkap akan cocok untuk mobil pertama Anda. Terlebih tipe ini menjadi basis untuk varian terbaru yakni AGS. Namun populasinya tidak akan sebanyak tipe GX yang berada di segmen te­ngah.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel