Tips dan Panduan Membeli Suzuki Splash Bekas

Mobil kompak menjadi target lansiran Suzuki dalam lima tahun terakhir. Salah satunya, Suzuki Splash yang hadir menyapa publik Indonesia medio 2010. Maklum teknologi K-series, tepatnya K-12-M menjadi andalan Suzuki untuk produk global, termasuk Splash.

Suzuki Splash autobild

Kehadiran sempat digadang-gadang oleh publik sekitar 2 tahun sebelumnya. Berbagai kesempatan mobil kompak desain Suzuki sesekali mencuri perhatian.

Maklum sentuhan desainer Akira Kamio sudah melekat pada Splash sejak tahun 2003. Sekadar informasi, Suzuki Splash diperuntukkan pasar Eropa baik model dan desainnya. Sosoknya hadir di Paris Motor Show 2006.

Kembali ke pasar lokal, Suzuki Splash memberi warna baru bagi mobil kompak. Paling kentara, desain unik Splash memberi tersendiri untuk pasar mobil kompak lokal.

Meski bertarung di arena “bermain” sama dengan Estilo, tapi sesungguhnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memposisikan Splash sebagai pengisi celah antara Estilo dan Swift. Artinya, rasa berkendara yang ia tawarkan berada di antara kedua saudaranya itu.

Tengok saja interior. Posisi takometer terpisah seolah menjauh dari spidometer berukuran besar, tegaskan sentuhan bernuansa sporti. Pengemudi anyar meski kenal lebih jauh untuk akrab dengan Splash.

Sejarah Suzuki Splash di Indonesia


2010 : awal 2010, Suzuki resmi memboyong Splash untuk pasar Indonesia. Suzuki masih mengandalkan Splash bertransmisi manual dengan varian GL menjadi andalan.  Inilah era mobil kompak 1.200 cc dimulai. Desain menarik dan kabin lapang menjadi nilai tersendiri di kelas ini.

2013 : Suzuki kembali menelurkan Splash bertransmisi otomatis ke pasar lokal. Kehadiran Splash matik memberikan kekuatan baru bagi Splash di kelas Small Hatchback 1.2. Faktor kenyamanan dan transmisi halus menjadi daya tariknya. Tidak hanya itu, Suzuki resmi merilis transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed ke pasar lokal.

Panduan Membeli Suzuki Splash Bekas


Buku Servis
Inilah gambaran awal Suzuki Splash dirawat dengan baik. Ideal, bila daftar perawatan berkala direkam dengan baik dalam buku servis dari bengkel resmi Suzuki. Paling tidak, Suzuki Splash Anda terawat dengan apik. Baik dari perawatan servis rutin hingga penggantian cairan dan pelumas terjaga baik.

Mesin
Suzuki langsung menelurkan mesin K-series pada Splash. Mesin berkode K-12-M ini diklaim berperforma dan ramah lingkungan. Mesin berbahan aluminium mampu menghasilkan 85 dk/6.000 rpm dan torsi 113 Nm/4500 rpm.  Kehebatan mesin inilah menjadikan Splash menjadi pilihan mobil kompak andalan Suzuki.

Suspensi
Untuk mendapat hasil maksimal driving experience Splash, pastikan kondisi suspensi atau kaki-kakinya dalam kondisi prima. Cek sokbreker, per serta bantalan suspensi, periksa kondisi aktual. Bila perlu, minta bantuan teknisi bengkel terpercaya untuk memeriksa hal itu.

Desain
Desain dan model Splash cukup unik. Suzuki berani dengan tampilan kompak dengan garis desain meninggi dan buritan nan seksi. Tak heran, kalau aksi Splash di jalan begitu menarik perhatian di sekitarnya.

Tips Memilih Suzuki Splash Bekas


Semula sempat tidak percaya kalau Suzuki Splash bakal diterima pasar Indonesia. Namun kekhawatiran itu perlahan sirna. Sosok unik serta performa Splash menjadi nilai jual yang baik pasar lokal. Malahan, setiap ada program yang melibatkan Splash, sambutan pasar oke.

Tidak hanya itu, perawatan mudah dan terbilang bandel perkara mesin juga memberi kontribusi positif bagi penjualan Splash. Wajar, kalau Splash juga menjadi incaran konsumen untuk pasar mobil seken.

Apalagi bila catatan historical kendaraan baik dalam pengecekan di bengkel resmi. Selain kondisi prima, nilai jualnya juga masih relatif oke.

Untuk poin ini, pilihannya hanya satu, Suzuki Splash GL. Sejak dilansir hingga awal 2013, Suzuki Splash hanya satu varian dan bertransmisi manual.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel