Tips dan Panduan Membeli Toyota Alphard Gen 1

Penampilan yang elegan serta mencitrakan mobil seorang pengusaha sukses menjadi daya tarik dari Toyota Alphard di Indonesia. Menariknya, MPV Toyota ini memiliki kepraktisan dan kenyamanan cukup tinggi.

Toyota Alphard autobild

Pecinta otomotif Tanah Air langsung menyambut hangat kehadirannya. Terbukti begitu dipasarkan oleh Importir Umum (IU) pada pertengahan 2003, banyak konsumen langsung terpikat oleh lekuk tubuh MPV mewah dari Toyota ini.

Toyota cerdas dalam memadukan ketangguhan mesin, suspensi, interior dan desain bodi menawan. Kelegaan dan kepraktisan pada Alphard disajikan dengan modern dan menawan.

Toyota Alphard mempunyai lampu depan besar model diamond cut dan sudah dilengkapi HID (High Intensity Discharge) xenon. Perpaduan bentuk kaca belakang luas dan kaca samping lebar, membuat visibilitas MPV ini seperti di rumah mewah dengan kaca-kaca yang besar.

Memiliki pilihan mesin 2.400 cc dan 3.000 cc, dapur pacu Alphard terbukti tangguh. MPV serbaguna ini juga memiliki kepraktisan hebat. Seperti bangku belakang yang dapat diatur dalam beberapa konfigurasi untuk mendapatkan keluasan ruang untuk menaruh koper-koper besar, maupun tas golf.

Untuk memanjakan penumpangnya, beragam fitur telah disiapkan. Perangkat head unit sudah dilengkapi monitor TV dan dapat memutar kepingan DVD serta monitor TV di atas plafon dan AC terdapat dari setiap sisi penumpang. Seatbelt hadir di semua baris penumpang yang merupakan kelengkapan standar di tipe MZG.

Sejarah Toyota Alphard


Toyota Alphard ditawarkan kepada publik Tanah Air pada pertengahan 2003. Ketika itu sambutan pecinta otomotif sangat antusias.

Sosok Alphard terlihat gagah, dan menawan serta menonjolkan unsur kemewahan. Tak heran, banyak calon konsumen kalangan papan atas yang kesengsem dengan Luxury MPV ini. Permintaan langsung melonjak di saat kran penjualan dibuka untuk para Importir Umum.

Lima varian yang disodorkan Toyota secara berurutan yakni AXL, AS, ASG, MZ, dan MZG. Alphard AXL sebagai varian paling standar, sementara MZG merupakan varian paling lengkap dan mewah.

Pertengahan 2005, Alphard mengalami penyegaran, khususnya di eksterior. Perubahan ini tampak pada front dan rear bumper guard, headlamp proyektor, serta front grill ornament dengan sentuhan baru yang menambah cantik hidung MPV mewah ini.

Menjelang penyelenggaraan IIMS 2008, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Alphard 3.5 V sebagai salah satu line-up di Tanah Air. Model yang masuk resmi melalui jalur ATPM ini merupakan generasi terbaru dengan berbagai fasilitas yang membuatnya semakin nyaman.

Tahun berikutnya, PT TAM kembali mendatangkan varian Alphard lainnya, yaitu bermesin 2.400 cc dengan transmisi CVT. Ada 2 trim untuk versi bermesin 4 silinder ini, yaitu 2.4 G yang lebih mewah dan 2.4 X yang ekonomis.

Panduan Membeli Toyota Alphard Gen 1


Mesin
Meski hanya berkapasitas 2.400 cc, mesin 4 silinder Alphard cukup perkasa dan efisien. Tarikan MPV premium ini cukup responsif di putaran tinggi, namun terasa kurang pada rpm rendah.
Pemakaian bahan bakar beroktan tinggi menjadi salah satu solusinya.

Suspensi
Bantingan Alphard sangat lembut, terutama saat melibas lubang dan polisi tidur. Nah, bila suspensi mulai melemah lantaran usia pakai, tentu bantingan menjadi mengayun, dan mobil kurang stabil. Umumnya hal ini disebabkan sokbreker yang telah melemah.

Motor Sliding Door
Fitur Automatic Sliding Door perlu diperiksa kinerjanya. Jangan sampai motor elektrik penggerak sliding door ini telah melemah, sehingga pintu tidak lagi bisa dibuka secara otomatis. Pastikan kinerjanya sempurna dan halus, meski bila motor rusak pun pintu tetap dapat dibuka secara manual.

Tips Memilih Toyota Alphard Gen 1


Lakukan general check-up sebelum membeli Toyota Alphard. Dengan melakukan itu, maka Anda akan mengetahui beragam kendala atau kerusakan yang mungkin terjadi di Toyota Alphard secara menyeluruh. Dengan mengetahui apa saja kendalanya, maka akan memudahkan Anda untuk mengestimasi biaya reparasi, dan meningkatkan daya tawar untuk menegosiasi harga.

Yang pasti, secara umum Toyota Alphard adalah mobil yang jauh dari masalah. Mesin berkonfigurasi 4 silinder dan V6 pada Alphard generasi ini membuatnya halus dan nyaman, dan pastinya bantingan suspensi MPV premium Toyota ini tak perlu dipertanyakan lagi.

Alphard MZG merupakan pilihan terbaik versi Topgir, karena varian ini merupakan model paling mewah. Kelengkapannya termasuk jok kulit, electric seat untuk pengemudi, dan dua monitor TV.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel