Tips dan Panduan Membeli Toyota Camry Bekas

Memiliki Big Sedan sepertinya masih menjadi sebuah barometer bahwa orang tersebut tergolong sukses. Tidak heran bila mobil ini lebih mengedepankan kemewahan untuk konsumennya. Nama Toyota Camry sendiri sudah malang melintang di dunia otomotif. Bahkan citranya semakin tinggi karena sempat dipakai sebagai kendaraan dinas menteri.

Tips dan Panduan Membeli Toyota Camry Bekas

Banyak konsumen yang terpuaskan dengan sosok Camry baik dalam hal berkendara maupun kenyamanan sebagai penumpang. Baik Anda memakai mobil ini menggunakan jasa supir atau tidak, mobil ini mempunyai kesenangan tersendiri. Mulai dari kualitas jok, posisi duduk, hingga fiturnya yang berlimpah membuatnya tidak cepat bosan berada di dalam kabin.

Beberapa kali Toyota melakukan penyegaran serta perubahan minim pada Camry ini. Seperti yang terjadi pada 2012 dimana saat itu de­ngan bangganya Toyota memperkenalkan Camry berteknologi hybrid di Indonesia. Teknologi Hybrid Synergy Drive (HSD) yang digunakannya tidak lain merupakan teknologi yang juga dipakai oleh Toyota Prius.

Dengan menggunakan motor listrik dan motor bahan bakar membuat mobil ini lebih efisien dan ramah lingkungan. Sehingga ketika baterai di mobil ini penuh, Anda bisa menggunakan mode listrik tanpa harus membuang bahan bakar. Ini menjadi menarik karena kompetitor Big Sedan selama ini rata-rata masih menggunakan mesin konvensional alias bahan bakar.

Menariknya tahun ini Toyota Indonesia santer terdengar akan merilis Camry terbaru. Maka kehadiran Camry baru ini bisa menjadi sasaran empuk untuk Anda yang ingin memburu Big Sedan bekas ini. Namun ada beberapa hal yang harus di cek dan diperhatikan.

Sejarah Toyota Camry di Indonesia


2006 : Toyota menghadirkan model terbaru Camry berkode XV40. Dari sisi desain mobil ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya dan terlihat lebih modern. Sejumlah fitur terbaru juga dipasang untuk memberi pengalaman baru untuk konsumen. Seperti koneksi telepon via Bluetooth, instrumen teriluminasi serta pengontrol audio di setir.

2009 : Pada pertengahan tahun ini, Camry diberi penyegaran seperti pemakaian lampu LED belakang serta desain baru bumper. Hal ini membuat tampilannya semakin modern serta mewah. Wajah depannya tidak lagi mengadopsi gril ‘V’ dengan aksen Formula One, namun justruk membentuk bentuk ‘X’.

2012 : Tiga tahun berselang, Toyota membuat gebrakan untuk Camry. Tidak hanya penyegaran pada beberapa sisi eksterior dan interior, kini Big Sedan ini mempunyai varian mesin hybrid. Teknologi ramah lingkungan ini membuat banyak konsumen tertarik untuk memilikinya karena saat itu masih langka teknologi tersebut.

Panduan Membeli Toyota Camry Bekas


Fitur
Sebagai Big Sedan dengan segudang fitur elektronik canggih, pastikan seluruh fiturnya berfungsi dengan baik. Cek dengan mengaktifkan setiap fitur dan mengetesnya satu per satu melalui tombol. Rasakan dan lihat bagaimana cara kerjanya. Bila Anda ragu, tidak ada salahnya membawa ke bengkel terdekat.

Mesin
Mengingat mesin Camry generasi ini sudah modern, pastikan pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan. Terlebih bila Anda mendapatkan yang mesin hybrid. Lakukan tes jalan dan pastikan sistem hybridnya berjalan dengan baik.

Interior
Material kulit yang digunakan pada Camry memang terlihat mewah. Namun pastikan kondisinya masih baik terutama pada bagian pengemudi. Usahakan masih menggunakan material asli dari pabrik bukan modifikasi menggunakan bahan dari aftermarket.

Teknologi Hybrid
Memang teknologi ini membuat Camry terlihat semakin mewah dan futuristik. Meski begitu harus diperhatikan baik-baik bahwa perawatannya akan membutuhkan biaya ekstra bila ke depannya bermasalah. Pastikan bahwa Anda siap menanggung risiko teknologi canggih ini.

Suspensi
Ayunan suspensi Camry tergolong nyaman tetapi belum bisa menyamai kualitas dari merek premium Eropa. Ada baiknya lakukan tes jalan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa karakter suspensinya masih sesuai dengan kenyamanan Anda.

Catatan Servis
Saat ini menjamur bengkel umum yang sanggup mengerjakan mobil-mobil Toyota tak terkecuali Camry. Tapi ketika Anda ingin membeli bekasnya, pastikan pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Pengerjaannya yang terjamin serta bila masih ada garansi tidak hangus.

Tips Memilih Toyota Camry Bekas


Populasi Camry Hybrid tidak terlalu banyak di pasar mobil bekas. Paling penting diperhatikan tentu kinerja mesinnya. Karena menggunakan dua mesin, pastikan keduanya berfungsi sama baiknya. Uji jalan jadi kewajiban dan bila ragu bisa langsung ke bengkel terdekat untuk mengeceknya.

Fitur-fitur di Camry terbaru memang banyak dan ini juga harus dicek apakah seluruh fiturnya berfungsi normal. Jangan sampai ada kendala yang baru ditemui usia membeli mobilnya. Catatan servis bisa jadi patokan untuk mengecek kondisi mesin dan fitur-fitur ini.

Dari sisi teknologi jelas kami merekomendasikan Camry Hybrid meskipun akan sulit menemuinya di pasar mobil bekas. Namun varian ini tidak menutup kemungkinan menjadi buruan kolektor ke depannya. Apalagi teknologi yang menggabungkan mesin bahan bakar dan motor listrik ini masih banyak digunakan saat ini oleh produsen mobil di seluruh dunia. Fitur-fitur yang diusungnya juga berbeda dari varian lainnya seperti lampu utama berteknologi LED dengan dual projector.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel