Tips dan Panduan Membeli Toyota Camry XV40 Bekas

Meski disesaki banyak pemain, nyatanya kelas big sedan minim persaingan. Itu karena dominasi Toyota Camry yang begitu kuat sehingga nyaris menenggelamkan rival lainnya. Kesuksesan Camry bukan cuma lantaran merek Toyota yang disandangnya. Mobil ini menikmati citra tinggi setelah sempat dipakai sebagai kendaraan dinas menteri.

Toyota Camry autobild

Walau lantas kendaraan menteri diganti lagi dengan Toyota Crown, tak pelak Camry sudah terlanjur ngetop.

Selain bercitra tinggi, secara mengejutkan Camry mampu memuaskan konsumennya dalam hal kesan berkendara sekaligus kenyamanan jadi penumpang. Entah memakai jasa supir atau tidak, Anda akan selalu menemukan kesenangan di mobil ini. Dan Camry juga unggul dalam hal fitur. Ia jadi mobil pertama di kelasnya yang mengusung fitur koneksi telepon via Bluetooth.

Saat ini model terbaru Camry berkode XV50 baru saja diluncurkan. Ini sedikit banyak mengoreksi harga jual bekas Camry sebelumnya. Dan tentu saja menjadi semakin menarik untuk dimiliki, karena Camry XV40 belum terasa termakan usia.

Sejarah Toyota Camry di Indonesia


2006 : Setelah puas menikmati citra menjadi mobil menteri, Camry menghadirkan model terbarunya berkode XV40.

Dari segi desain, mobil ini begitu memikat hingga membuat model pendahulunya serasa kuno. Nyaris tak ada yang diusung dari model sebelumnya, dan Camry baru ini memiliki sejumlah fitur modern. Sebut saja koneksi telepon via Bluetooth, instrumen teriluminasi dan pengontrol audio di setir.

Selain mesin 2.362 cc 167 dk yang disiapkan menjadi mobil terlaris, Camry juga memenuhi keinginan pecinta kecepatan dengan mesin 3.456 cc V6 bertenaga 277 dk di tipe 3.5Q. Mesin bergetaran halus ini sanggup melesatkan Camry dari berhenti ke 100 km/jam dalam 7,1 detik saja.

2009 : Di pertengahan 2009 Camry melakukan penyegaran. Pemakaian lampu LED belakang dan redesain bumper membuat penampilannya semakin ganteng dan modern. Jika sebelumnya wajah depan me­ngadopsi alur gril ‘V’ dengan aksen Formula 1, kini justru membentuk pola ‘X’.

Terbilang simpel, namun membuat penampilannya semakin elegan dan tidak kalah dengan big luxury sedan berharga Rp 1 miliar lebih. Tanpa melihat logo, Anda mungkin akan mengira bahwa ini adalah Lexus. Oh ya, satu tambahan fitur menarik disematkan di tipe 3.5Q. Jok belakang dilengkapi dengan pemijat elektronik yang bisa disetel via remote di sandaran tengah.

Panduan Membeli Toyota Camry XV40 Bekas


Fitur
Camry memiliki banyak fitur elektronik canggih untuk ukuran kelas big sedan. Pastikan fitur-fitur ini masih berfungsi dengan baik. Aktifkan satu per satu melalui tombol dan lihatlah bagaimana kinerjanya. Hubungkan juga telepon via Bluetooth untuk memastikan fitur ini masih bekerja.

Mesin
Seharusnya tidak akan ada masalah berarti di mesin bila pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan. Lihatlah riwayat perawatan mobil di bengkel resmi, serta perhatikan apakah ada kebocoran pelumas di ruang mesin. Selain itu periksa apakahada indikator menyala di instrumen.

Interior
Lihatlah apakah jok kulitnya masih dalam keadaan baik. Periksa terutama di bagian pengemudi. Tinggalkan Camry yang memiliki keadaan interior buruk, karena masih banyak yang kondisi interiornya prima di pasaran.

Konsumsi BBM
Bila Anda menjatuhkan pilihan pada tipe 3.5Q, maka Topgir jamin Anda akan terbuai oleh akselerasi dan kehalusannya. Namun di dalam kota mesin ini cukup boros, dan bisa mencatat konsumsi BBM sekitar 6-7 km/liter.

Suspensi
Camry memang nyaman, namun kualitas bantingan suspensinya tetap belum bisa Anda setarakan dengan merek premium Eropa. Lakukan uji jalan untuk memastikan karakter suspensinya tak bermasalah dengan Anda.

Service Record
Camry cukup mudah dirawat di bengkel mana saja, makanya ada pemilik yang melakukan servis di bengkel non-resmi. Tapi ketika Anda hendak membeli bekas, sebaiknya pastikan pemilik sebelumnya melakukan perawatan teratur di bengkel resmi. Garansi pun tak gugur, dan Anda bisa yakin atas kualitas pengerjaannya.

Tips Memilih Toyota Camry XV40 Bekas


Selama ini Toyota Camry hampir tidak ada masalah, asal pemilik sebelumnya melakukan perawatan servis berkala sesuai buku servis yang ada. Namun yang harus diperhatikan jika Anda ingin membeli Toyota Camry bekas adalah suspensi dan sistem pengereman. Biasanya sokbreaker sudah harus diganti. Dan kampas rem serta pi­ringan rem juga sudah tidak dalam kondisi baik karena kondisi jalanan Jakarta yang macet.

Biasanya jika mobil sudah jalan sejauh 40 ribu kilometer maka kampas rem bia­sanya sudah harus diganti. Untuk oli matik sendiri harus diganti saat mobil sudah jalan sejauh 100 ribu kilometer. Pastikan anda membeli Toyota Camry yang pemilik sebelumnya merawat secara berkala sesuai dengan petunjuk buku servis yang telah ditetapkan oleh Toyota.

Dari 3 tipe yang tersedia, varian 2.4V memang paling laris. Kemewahannya cukup baik, dan mesin pun lumayan ekonomis. Cocok untuk Anda ‘pemain aman’. Tapi bila berani sedikit mengeluarkan uang lebih, Topgir sangat merekomendasikan varian 3.5Q. Bukan saja mesin dan fiturnya luar biasa, tampilan luarnya juga keren dengan pipa knalpot ganda. Dan di masa depan Topgir yakin mobil ini bisa menjadi collector’s item.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel