Tips dan Panduan Membeli Toyota Fortuner All New Fortuner Bekas

Tenaga besar, daya jelajah tinggi, kabin lapang dan tampilan macho adalah paket yang ditawarkan Toyota Fortuner diesel. Inilah tips membeli Toyota All New Fortuner bekas di Indonesia.

Fortuner All New Fortuner Autobild

Dimensi besar dibarengi tampilan macho adalah kombinasi yang di tawarkan Toyota Fortuner. Apalagi jika Anda termasuk penyuka warna hitam, sosoknya langsung mengingatkan pada mobil-mobil yang sering dipakai sebagai kendaraan dinas pengawal atau institusi-institusi keamanan negara. Kesan gagah dan karismatik pun kian mencuat.

Bicara fleksibilitas sudah pasti ground clearance tinggi hingga 220 mm memberikan daya jelajah mumpuni. Cocok dengan beragam medan baik di aspal mulus maupun jalan tanah dengan permukaan bergelombang.

Termasuk saat musim hujan ketika genangan air atau bahkan banjir menjadi momok bagi kebanyakan mobil lain seperti sedan, hatchback bahkan MPV, Fortuner sebagai SUV besar bisa menanganinya dengan lebih baik.

Di kelas Big SUV, Toyota Fortuner termasuk yang memiliki performa mesin mengagumkan. Terlebih saat PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai melakukan koreksi diri dengan membenamkan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT), membuat kapabilitasnya menjadi jauh lebih baik. Mesin 2KD-FTV mampu melontarkan tenaga hingga lebih dari 140 dk dengan torsi maksimum mencapai 350 Nm/1.600–2.800 rpm.

Dari sisi fitur, rem ABS, immobilizer, headunit lengkap dengan layar monitor dan tombol audio sudah menjadi kelengkapan standar sejak diperkenalkannya Fortuner VNT di tahun 2012. Soal akomodasi ia punya ruang kabin lapang baik headroom maupun legroom. Jadi dengan segala kelebihan yang ia miliki, Fortuner merupakan salah satu figur kendaraan yang banyak orang cari.

Sejarah Toyota Fortuner VNT Diesel di Indonesia


2012: Memasuki akhir tahun 2012, mesin diesel baru Toyota Fortuner yang dibenamkan teknologi VNT akhirnya diperkenalkan. Mekanisme kerja mesin ini lebih luwes karena nosel pada sistem turbonya bersifat variatif. Secara prinsip, tekanan turbo yang bisa dibuat lebih konstan membuat output mesin lebih baik.

Jika unit 2KD-FTV sebelumnya yang berkapasitas 2.499 cc 4-silinder common rail hanya menghasilkan tenaga 102 dk dengan torsi 265 Nm, maka dengan tambahan teknologi VNT membuat mesin mampu melecut hingga 144 dk dan torsi mencapai 350 Nm.

2013: Setahun sukses memikat pecinta Big SUV, Toyota Fortuner akhirnya mendapatkan perubahan pada eksterior maupun interior meski tidak terlalu mencolok. Salah satunya di dalam kabin adalah hadirnya roof monitor sebagai sarana hiburan untuk penumpang baris kedua. Sedangkan pada tampilan luar bisa dilihat dari berubahnya bentuk gril bercorak warna hitam berikut emblem TRD. Hadirnya sepasang lampu DRL pada bumper menambah rasa aman dan sporti.

2014: TAM akhirnya meluncurkan versi penggerak roda 4x4 untuk mesin diesel sebagai varian terbaru. Dari sisi penampilan baik eksterior ataupun interior bisa dikatakan hampir tidak ada perubahan berarti. Begitu pula pada mesinnya. Hanya sedikit pemanis, salah satunya seperti pada gril yang mendapat sentuhan warna chrome kembali.

2016 : Toyota memproduksi All New Fortuner guna menggantikan posisi pendahulunya yang sudah lama berjuang di ranah SUV. Pembenahan besar-besaran dilakukan agar ia dapat bersaing dengan berbagai kompetitor di kelasnya.

Panduan Membeli Toyota Fortuner All New Fortuner VNT Diesel Bekas


Buku Servis
Meski All New Toyota Fortuner terbilang masih sangat muda tidak menutup kemungkinan bahwa mobil pernah mengalami kerusakan fatal. Buku servis tetap menjadi pedoman ataupun acuan awal untuk mengetahui riwayat mobil sebelumnya. Dari perawatan berkala yang telah tercatat, Anda bisa mengetahui informasi untuk menganalisa bahwa unit yang akan Anda beli masih dalam kondisi prima atau tidak. Sebelumnya, yang cukup kritis adalah pahami betul karakter mobil ini baik tur ataupun spesi kasi lain agar pengecekan kondisi mobil berjalan dengan mudah.

Mesin
Secara visual, pastikan kebersihan ruang dapur pacu bersih. Salah satu cara dengan melakukan pengecekan apakah didapati ada rembesan atau kebocoran oli atau tidak. Setelah dirasa masih baik, tengok bagian knalpot. Jika lubang gas buang mengeluarkan asap berlebih artinya mengindikasikan bahwa sistem pembakaran mesin tidak sempurna. Selain itu juga dengarkan secara teliti suara mesin. Pastikan tidak ada suara aneh ketika mesin mulai dihidupkan.

Kaki-kaki
Jangan ragu untuk sekadar melakukan test drive. Di sini Anda bisa merasakan secara langsung kualitas pengendalian dan stabilitas mobil. Tidak menutup kemungkinan bila pengguna sebelumnya suka melakukan petualangan dan bermain offroad karena ground clearance mendukung. Sehingga coba secara saksama apakah terdapat bunyi abnormal pada kakikaki atau tidak.

Kualitas BBM
Disarankan menggunakan bahan bakar sesuai anjuran pabrik atau dengan kualitas cetane berkualitas. Hal ini termasuk salah satu cara me rawat mesin tetap prima dan meminimalisir kerusakan mesin untuk jangka yang panjang.

Interior
Jika salah satu Fortuner incaran Anda masih menggunakan jok berbahan fabric, lakukan pemeriksaaan apakah ada noda yang sukar hilang, jika ada pastinya akan membutuhkan tambahan biaya untuk membersihkannya.

Walaupun hanya sebagai opsional, dress-up pada pe rangkat hiburan pun sering dilakukan. Jika itu bukan persoalan besar tidak ada salahnya menanyakan apakah ada perlakuan khusus terhadap perangkat ataupun instalasi yang identik dengan sistem kelistrikan.

Satu yang juga amat krusial adalah sistem pendingin AC. Rasakan embusan udara dingin apakah terdistribusi sempurna hingga jok paling belakang.

Tips Memilih Toyota Fortuner All New Fortuner VNT Diesel Bekas 


Fortuner tipe VNT adalah salah satu mobil Toyota yang handal, usianya pun masih sangat muda. Meski begitu pemeriksaan adalah ritual paling penting ketika ingin meminangnya saat sudah berstatus tangan kedua.

Buku servis adalah pedoman untuk mengetahui segala riwayat mobil, apakah sudah mengalami kerusakan fatal seperti mobil terkena bencana banjir yang menimbulkan mesin tidak bekerja optimal ataupun kecelakaan.

Berbicara penampilan dirasa tidak ada perubahan yang sangat kentara. Tapi soal berkendara memilih transmisi otomatis adalah hal paling logis demi kenyamanan berkendara. Terutama jika Anda kerap bermobilitas di perkotaan.

Jika sebuah kendaraan tidak cukup sebagai moda transportasi mobilitas pribadi, tipe 4x4 adalah jawaban paling ideal sebagai pemuas hasrat untuk berpetualang. Hanya saja dari tes yang sudah Topgir lakukan sebelumnya untuk konsumsi BBM-nya relatif sedikit lebih boros ketimbang tipe RWD.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel