Tips dan Panduan Membeli Toyota Great Corolla Bekas

Boleh percaya atau tidak, permintaan pasar mobkas terhadap Great Corolla, khususnya yang bertranmisi manual,  terus meningkat dibanding generasi sesudahnya, All New Corolla. Harganya pun cenderung meningkat saat ini.

Great Corolla bekas

Pasaran harga Great Corolla M/T 1995 sekitar Rp 68 juta, sebaliknya All New Corolla 1998, malah di kisaran Rp 66 juta. Padahal baik Great maupun All New mengusung mesin yang sama. Bahkan fitur All New Corolla justru lebih lengkap dibanding Great.

Desain bodi Great Corolla yang membulat dianggap tak lekang waktu dan lebih bagus ketimbang All New yang agak mengotak. Padahal All New Corolla SEG sudah dilengkapi airbag.  Tapi Greco lebih menarik menurut pembeli.

Sejarah Toyota Great Corolla di Indonesia


Generasi Corolla ke-5 yang hadir pada 1992 ini menjadi penerus dari model Twincam. Pasokan bahan bakar injeksi menjadi salah satu ciri dari kehadiran Great Corolla di Tanah Air.

Di awal kehadirannya, Great Corolla menyediakan dua pilihan mesin: 1.300 cc (2E) untuk varian 1.3 SE dan 1.600 cc (4A-FE) untuk 1.6 SEG. Di era ini pula Toyota untuk pertama kalinya menyediakan pilihan transmisi otomatis di line-up  Corolla.

Pilihan varian 1.3 SE ditujukan sebagai langkah antisipasi Toyota sebagai peralihan pasokan bahan bakar karburator menjadi injeksi. Mesin 1.300 cc SOHC yang digunakan sama dengan milik Starlet dan Corolla 1.3 SE generasi sebelumnya. Namun selanjutnya, data penjualan yang kurang baik membuat varian ini lantas ditiadakan dari angkatan kedua Greco (1994-1995).

Sementara mesin 4A-FE pada Greco 1.6 SEG memiliki kapasitas 1.600 cc Twincam 16 valve.  Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 dk, membuat mobil ini cukup bertenaga dan irit bbm. Meski juga tersedia dalam pilihan transmisi otomatis, pilihan girboks manual tetap mendominasi penjualan Greco.

Apa yang harus diperhatikan?
Kelengkapan fitur menjadi senjata Toyota untuk mengusai pasar di era 1990-an. Salah satu fitur yang menjadi kelebihan Greco di awal kehadirannya adalah pelipat spion elektrik. Saat itu, fitur ini belum diadopsi oleh kompetitornya di kelas Medium Sedan.

Sayang akibat ketidaktahuan penggunanya, pelipat spion elektrik ini kerap rusak akibat dilipat secara paksa. Karena itu pada Greco facelift  (1994-1995) fitur ini tidak lagi digunakan. 

Panduan Membeli Toyota Great Corolla Bekas


Power steering
Pada dasarnya power steering  Great Corolla cukup bagus. Namun jika sampai mengalami kerusakan dan perbaikannya dilakukan menggunakan peralatan seadanya, risiko timbul kebocoran oli power steering  di kemudian hari cukup besar.

Spion elektrik   
Generasi pertama Greco sudah dilengkapi pelipat spion elektrik. Mekanisme pelipatannya menggunakan roda gigi plastik, sehingga di usianya sekarang besar kemungkinan gigi-gigi ini sudah mulai aus dan rusak. Penggantian mekanisme ini dengan yang baru membutuhkan biaya Rp 1.288.000 (orisinal). Namun Anda bisa juga menggunakan produk aftermarket  dengan harga sekitar Rp 800 ribu. Alternatif lain adalah menggunakan komponen limbah yang masih baik kondisinya.

Idle Speed Control Valve (ISCV)
Peranti ini yang berfungsi mengontrol pasukan bbm pada rangkaian EFI saat kondisi mesin idle.  Dalam beberapa kasus ditemui perangkat tersebut tak berfungsi dengan baik. Akibatnya penunjukan jarum takometer saat idle  menjadi tidak stabil.

Headlamp
Usia mobkas yang telah lebih dari 15 tahun membuat headlamp  kerap terlihat buram, apalagi lensa lampu depan Greco menggunakan bahan plastik. Ada beberapa penyebabnya seperti penggunaan bohlam dengan daya lebih besar dari standar, kebocoran sil dan lainnya. Namun Anda tak perlu pusing, sebab bila salon mobil tidak mampu menanganinya, banyak produk aftermarket yang menyediakan headlamp  Greco selain komponen orisinal atau barang seken. 

Velg
Seluruh generasi Greco menggunakan pelek besi dengan penutup (dop) palstik. Bila mobkas dijual dengan pelek aftermarket,  tentu lebih sulit bagi Anda untuk mengembalikannnya ke kondisi standar.

Suspensi 
Suspensi juga patut mendapat perhatian lebih karena bagian inilah yang sering dimodifikasi oleh pemilik Greco yang kebanyakan dari kalangan anak muda. 

Tips Memilih Toyota Great Corolla Bekas


Secara umum mesin keluarga Corolla termasuk Great, andal dan hemat bahan bakar. Spare part-nya pun mudah didapat dan murah sehingga bengkel kecil mudah menanganinya. Mesin Corolla terbilang familier. Jika dirawat secara benar, nyaris tidak ada persolanan setelah digunakan sekian tahun. Teknologi mesinnya lumayan maju dan bandel. Dan bagi pemilik yang doyan modifikasi, mesin ini juga gampang diutak-atik. Satu-satunya ganjalan Great generasi pertama adalah pelipatan spion elektriknya yang rentan rusak. Di luar itu tak ada masalah berarti. Teknologinya sederhana tapi oke dan mudah dipelajari oleh peminat pemula.

Bahkan, beberapa part  Greco dapat diadopsi dari tipe Toyota lainnya yang berharga lebih murah, seperti fuel pump  milik Toyota Kijang EFI atau brake pad  dari Corolla GL. Pastikan sebelum membeli Greco, suara mesin terdengar halus dan mesin terlihat kering dari oli. Hal ini dapat terciri dari lubang knalpot yang tidak mengeluarkan asap putih. Bila tidak, sebaiknya berpikir ulang untuk membelinya.

Tak diragukan lagi bahwa mesin Toyota berkode 4A-FE memiliki durability  yang begitu baik, sehingga harga pasaran Greco relatif stabil sampai sekarang. Varian Greco favorit dan Topgir rekomendasikan adalah varian 1.6 SEG 1994-1995 bertransmisi manual. Model facelift  ini memiliki perbedaan pada gril, bumper depan-belakang, dan lampu belakang dengan mika sein belakang berwarna putih, sehingga terlihat lebih modern. Sementara mesin yang digunakan tetap sama, yaitu 4A-FE. 
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel