Tips dan Panduan Membeli Toyota Kijang Innova Diesel Bekas

Kiprah Toyota Kijang sudah sangat panjang sehingga mobil ini menjadi legenda di masyarakat. Tidak terkecuali mesin diesel yang digunakan Toyota pada Kijang sejak generasi keempat. Dan inilah tips membeli Toyota Kijang Innova diesel bekas.

Tips dan Panduan Membeli Toyota Kijang Innova Diesel Bekas

Penjualan mobil bermesin diesel masih sangat kecil dan konsumen di Indonesia masih terbiasa dengan mesin bensin. Terbukti dari hasil survei Topgir kepada pembaca Topgir Indonesia dalam Customer Satisfaction Survey beberapa waktu lalu, sebanyak 94% adalah pemilik mobil bensin sementara diesel hanya 6% saja.

Ada banyak hal yang membuat masyarakat seolah antipati terhadap mesin diesel. Salah satunya adalah mitos seperti mesin yang lebih berisik sehingga menganggu kenyamanan dalam kabin. Juga asap hitam dari knalpot yang identik dengan mesin diesel. Selain itu spare parts yang lebih mahal juga menjadi alasan konsumen enggan membeli diesel.

Kenyataannya, pada diesel modern saat ini semua mitos tersebut tidak berlaku. Suara berisik tidak lagi menyusup ke dalam kabin dan lebih senyap dibanding mesin diesel lawas. Begitu juga dengan asap hitam dengan adanya bahan bakar diesel seperti Pertamina Dex yang mempunyai cetane lebih berkualitas menjadikan pembakaran semakin baik.

Nah, Toyota pertama kali menggunakan mesin diesel pada generasi keempat atau tepatnya produksi tahun 1997. Mesin berkode 2L ini sebelumnya sempat digunakan pada kendaraan komersial Hi-Ace diesel. Mesin ini pun dianggap cocok untuk pasar otomotif Indonesia dengan kualitas bahan bakar yang masih jelek saat itu.

Dengan kapasitas mesin 2.446 cc, mesin 2L menjadi diesel pertama Toyota Kijang yang menghasilkan tenaga 83 dk pada 4.200 rpm dengan torsi maksimum 162 Nm di 2.400 rpm. Mobil yang dikenal sebagai Toyota Kijang Kapsul ini menjadi sejarah karena dimulainya varian diesel pada generasi-generasi berikutnya.

Pada 2004, PT Toyota Astra Motor meluncurkan mesin diesel terbaru yang lebih modern. Melalui teknologi common-rail dan turbocharger, mesin berkode 2KD-FTV disematkan pada generasi kelima Toyota Kijang Innova. Mesin ini sudah digunakan pada Toyota Prado.

Kapasitas mesinnya 2.494 cc dengan tenaga lebih besar dari sebelumnya yakni 102 dk di 3.600 rpm. Sementara torsinya dibedakan melalui transmisi yang digunakan. Di transmisi manual, torsinya mencapai 200 Nm di 1.400 - 3.200 rpm, sedangkan tranimisi otomatis lebih besar yakni 260 Nm pada 1.600-2.400 rpm.

Nah, bagi Anda yang berminat pada Toyota Kijang bermesin diesel, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Simak pada tulisan berikut ini.

Sejarah Toyota Kijang Innova di Indonesia


1997: Tahun pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan varian diesel sejak Toyota Kijang diluncurkan pada 1977. Pada masanya mesin ini masih dikenal sebagai mesin kendaraan niaga. Tidak heran bila mesin berkode 2L yang digunakan pada generasi pertama mesin diesel ini masih menggunakan mesin kendaraan komersial Hi-Ace diesel.

Meski belum menjamin laris, Toyota memberanikan diri untuk memasangnya pada generasi keempat. Langkah ini pun direspon positif oleh konsumen otomotif Indonesia meski saat itu kualitas bahan bakar untuk diesel masih jelek.

2004: Butuh waktu cukup lama PT TAM meluncurkan mesin diesel baru yang bukan lagi mesin kendaraan komersial. Setelah 7 tahun berkutat pada mesin berkode 2L, pada tahu inilah Toyota Kijang mendapatkan mesin disel baru. Berkode 2KD-FTV mesin diesel baru ini dipasang pada generasi kelima Toyota Kijang Innova. Tidak seperti mesin sebelumnya yang diambil dari kendaraan niaga, kali ini Toyota mengamnbil dari basis mesin Toyota Prado.

2015: Bila pada generasi sebelumnya butuh waktu 7 tahun untuk menggunakan mesin diesel baru, kini lebih dari 10 tahun hingga akhirnya PT TAM menerapkan diesel modern yang mulai tren di dunia otomotif global. Tenaga yang lebih besar dan diklaim lebih efisien membuat mesin diesel Toyota terbaru berkode GD ini. Sama seperti mesin sebelumnya, teknologi yang digunakan ialah commonrail dan turbocharger.\

Indikator Mal-Function
Usia mobil yang sudah lama harus dipastikan segala sesuatunya termasuk indikator yang terletak dekat speedometer. Ketika Anda mengeceknya, jangan lupa untuk starter kunci kontak pada Toyota Kijang Innova diesel dan lihat dengan seksama sinyal lampu pada panel. Bila tidak menyala dalam waktu lama, ada kemungkinan terjadi masalah pada mesin mobil tersebut.

Suspensi
Infrastruktur jalanan yang kurang bagus membuat kerja suspensi semakin berat. Mengingat Toyota Kijang Innova rata-rata pernah keluar kota, maka segera cek pada bagian kaki-kaki. Bisa Anda coba langsung apakah bantingan masih terasa baik, atau panggil montir khusus suspensi yang bisa memastikan apakah kondisinya tidak perlu penggantian spare-parts.

Panduan Membeli Toyota Kijang Innova Diesel Bekas


Catatan Servis
Perawatan menjadi hal penting pada sebuah mobil tak terkecuali mesin diesel. Bila pemilik sebelumnya malas melakukan servis rutin, akibatnya bisa fatal. Bila usianya kurang dari 5 tahun mobil bekas incaran Anda, minta buku catatan servis dan disana Anda bisa mengecek apakah pernah ada pergantian spare parts atau kerusakan parah.

BBM
Meski mesin diesel pada Toyota Kijang Innova bekas masih sanggup mengonsumsi bahan bakar seperti Solar atau cetane 48 dengan sulfur 500, ada baiknya gunakan BBM yang lebih berkualitas. Pertamina Dex atau bahan bakar diesel dengan setana minimal 52 sulfur 300 ppm bisa membuat mesin bekerja lebih bertenaga dan efisien.

Filter Solar
Meski harga spare partsnya tidak terlalu mahal, namun ada baiknya Anda memperhatikan komponen ini. Terlebih bila pemilik sebelumnya tidak pernah memakai bahan bakar diesel berkualitas baik seperti Pertamina Dex atau Shell Diesel. Bisa dipastikan umur filter solar lebih pendek dan bila telat menggantinya berefek pada performa mesin yang menurun.

Tips Memilih Toyota Kijang Innova Diesel


Toyota Kijang mesin diesel terkenal tangguh dengan durabilitas yang baik. Untuk yang mesin seri 2L atau generasi keempat saat ini sudah tidak terlalu banyak populasinya. Tetapi untuk yang 2KD masih cukup banyak. Pengecekan pada mobil diesel yang harus diperhatikan salah satunya adalah filter solar karena masih banyak pemilik yang menggunakan bahan bakar solar atau cetane 48 dan sulfur 500. Akibatnya kondisi komponen tersebut bisa cepat rusak. Selain itu juga cek catatan servisnya apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan servis.

Ada dua pilihan mesin diesel yang bisa Anda beli pada mobil bekas Toyota Kijang Innova, yakni seri mesin 2L atau 2KD. Melihat dari latar belakang mesin tersebut, Topgir merekomendasikan pada Toyota Kijang Innova diesel dengan kode mesin 2KD. Akan lebih baik bila Anda mendapatkan mobil dengan usia tidak terlalu tua atau maksimal 3 tahun. Mobil mesin tersebut bisa Anda temukan pada Toyota Kijang Innova produksi 2004 sampai 2018 alias generasi kelima.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel