Tips dan Panduan Membeli Toyota Land Cruiser VX-100 Bekas

Membeli sebuah To­yota Land Cruiser VX100 adalah sebuah keputus­an berani. Mengapa berani? Karena dengan tahun produksi 2002, mobil ini masih dibanderol dengan harga hampir menyentuh setengah milyar Rupiah. Mengapa harga bekasnya tetap tinggi? Karena Land Cruiser VX 100 punya peminat dan kelas tersendiri. Anda tidak bisa menyamakannya dengan mobil SUV modern. Mobil yang telah mengalami evolusi panjang ini, memang terkenal memiliki kenyamanan dan kehandalan tersen­diri yang mampu memikat siapapun yangmemang menyukai kendaraan jenis SUV.

Tips dan Panduan Membeli Toyota Land Cruiser VX-100 Bekas

Selain memiliki kenyamanan dan keandalan kelas wahid, ternyata Land Cruiser VX 100 memiliki kelebihan lain. Mesin 6-silinder 4.200 cc turbo intercooler diesel yang diadopsi, masih sanggup menenggak solar bersubsidi. Hal tersebut menjadikan Land Cruiser VX 100 mampudiajak bertualang ke seluruh pelosok yang belum memiliki ketersediaan solarberkualitas tinggi.

Mobil yang kebanyakan hadir dengan cara diimpor utuh dari Australia ini memiliki segudang fitur yang dijamin mampu memanja­kan siapapun yang ada di dalamnya. Contohnya peng­gunaan suspensi yang nyaman meski belum menggunakan tipe air-suspension, bantingan Land Cruiser terasa cukup nyaman. Ha­dirnya coolbox dan sunroof juga menjadipoin penunjang kenyamanan mobil penggerak 4WD ini.

Sejarah Toyota Land Cruiser di Indonesia


1954: Land Cruiser FJ20 diperkenalkan dengan mengusung mesin 3.900 cc 6-silinder dengan transmisi 3-speed. FJ20 diluncurkan dalam model canvas top, station wagon dan pick-up jg diproduksi. Semua model tersebut berpenggerak 4 roda.

1960: Land Cruiser FJ40 diluncurkan. Varian ini masih menggunakan mesin dan girboks yang sama dengan FJ20. Land Cruiser FJ40 di Brazil dinamai Bandeirante serta memakai mesin diesel Mercedes-Benz berdaya 78 dk

2000: Pada tahun ini, diluncurkan Land Cruiser tipe VX 100, tetapi mesin yang digunakan masih serupa dengan mesin vx 80 yaitu mesin 1HD-T Turbodiesel 6-silinder SOHC 12-valve .

Panduan Membeli Toyota Land Cruiser VX-100 Bekas


Mesin
Menurut Rudy Suwita dari Sidolin Motor, Cideng Jakarta Barat, jika ingin meminang Land Cruiser VX 100, pastikan kondisi mesinnya baik. Mengapa demikian? Karena jika tidak, suku cadangnya cenderung memiliki harga mahal. Rudy menambahkan, pastikan mesin Land Cruiser VX 100 mudah untuk dihidupkan dan memiliki putaran mesin stasioner yang stabil.

Transmisi
Land Cruiser VX 100 menggunakan penggerak 4WD yang dilengkapi dengan differential lock. Pastikan semua fitur 4WD aktif dan transmisi matiknya halus ketika digunakan. Jika transmisi bermasalah, biasanya terdengar suara kasar ketika perpindahan gigi ataupun ketika perpindahan mode penggerak.

Fitur
Mobil ini memiliki segudang fitur untuk menunjang kenyamanan kabin, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Perhatikan kelancaran gerak sunroof. Coolbox juga harus segera dingin ketika diaktifkan. Perhatikan juga fungsi heater pada jok.

Eksterior
Pastikan kondisi jarak antar panel bodi berada dalam batas normal. hal ini sebagai indikasi bahwa mobil belum pernah mengalami tumbukan keras yang memerlukan perbaikan.

Interior
Kebanyakan kondisi kulit jok Land Cruiser VX 100 sudah mulai pecah termakan usia. Jika anda mendapat unit dengan kondisi kulit jok yang sudah dilapis ulang, pastikan menggunakan material kulit jok yang berkualitas.

Asal Usul Kendaraan
Land Cruiser VX 100 juga jamak digunakan sebagai kendaraan operasional proyek atau pertambangan. Pastikan Anda tidak mendapatkan mobil eks-proyek, karena biasanya kondisinya cenderung kurang terawat. Untuk mengeceknya, perhatikan bagian kolong mobil. Jika terdapat penyok pada dek dan lumpur di sela-sela kolong sepatbor, kemungkinan itu mobil eks-proyek.

Tips Memilih Toyota Land Cruiser VX-100 Bekas


Secara umum, tahapan membeli mobil bekas sama saja. Tetapi karena sebagian besar Land Cruiser VX 100 masuk secara impor utuh melalui Importir Umum, kebanyakan para pemilik merawat kendaraannya di bengkel umum atau bengkel spesialis Land Cruiser. Tetapi jaringan bengkel resmi Toyota tetap menerima jasa perawatan dan perbaikan Land Cruiser VX 100.

Land Cruiser VX 100 juga ditawarkan dalam versi limited. Jika ada dana lebih, varian Limited memiliki kelengkapan fitur dan tingkat kenyamanan suspensi yang lebih mumpuni, karena bisa disetel ketinggiannya. Pilihan warna juga mempengaruhi harga jual. Warna hitam cenderung dibanderol lebih tinggi.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel