Tips dan Panduan Membeli Toyota Yaris Bekas

Sepeninggal Starlet di 1996, Toyota membutuhkan hampir 10 tahun sebelum kembali menjual hatchback  kompak di Tanah Air. Dan Yaris pun menjadi obat rindu pecinta hatchback  Toyota. Lebih dari itu, bukan hanya lincah dan praktis, Yaris pun mengusung salah satu mesin terbaik Toyota berkode 1NZ-FE.

Toyota Yaris autobild

Hampir seluruh pemilik Yaris yang Topgir temui menyenangi dapur pacu mobil mereka. Bukan hanya responsif, mesin ini juga sanggup memberikan kehematan luar biasa. Kemajuan teknologi katup variabel Toyota menjadi kunci keberhasilan itu.

Dirancang sebagai kendaraan multifungsi, Yaris mempunyai trik lain untuk memikat konsumennya. Kendaraan ini dilengkapi laci penyimpanan sangat banyak, bahkan melebihi beberapa MPV yang ada di pasaran. Bahkan ruang dasbor di depan setir pun difungsikan sebagai laci. Alhasil, Yaris sangat menyenangkan bagi Anda yang suka membawa banyak barang bawaan atau gadget.

Tersedia dalam 3 varian saat diluncurkan yakni E, S, dan S Limited, transmisi manual hanya tersedia di tipe E. Sedangkan pada S Limited, Yaris mengedepankan fitur unik yakni Smart Entry. Bagai berada di mobil mewah,
Anda cukup mengantungi kunci dan mengeksekusi kunci pintu serta start mesin hanya dengan sentuhan tombol. Yaris pun merupakan hatchback  kompak di Indonesia yang pertama kali mengadopsi fitur ini.

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia


2006 : Diluncurkan pada 2006, Yaris langsung merebut perhatian konsumen. Menggunakan basis serupa Toyota Vios generasi kedua, Yaris mengedepankan mesin kencang dan hemat bbm. Konsumen juga senang akan ruang belakang yang sangat lega dengan kepraktisan berlimpah. Hadir dalam 3 varian yakni E, S, dan S Limited, Yaris pun memberi konsumennya banyak pilihan sesuai kebutuhan dan budget.  

2008 : Di awal 2008, Toyota menambah varian terendah, yaitu Yaris J. Dengan pengurangan beberapa fitur, didapatlah harga hanya Rp 145,1 juta yang tergolong sangat murah. Lantas pada pertengahan 2008, Toyota kembali menambah satu varian tertinggi yaitu TRD Sportivo. Mengusung sejumlah aksesori sporty  keluaran TRD, mobil ini seakan mengingatkan kita pada kejayaan TTI di balap turing dengan Yaris.

2009 : Sosok Yaris kemudian mengalami facelift  pada 2009. Bentuk gril, lampu dan kap mesin sedikit berubah untuk menyegarkan tampilan. Interior juga mengusung sistem audio terintegrasi yang terlihat lebih modern.

2012 : Yaris kembali menerima minor facelift yang meliputi beberapa komponen seperti lampu-lampu, grill dan juga bumper. Pada periode ini, Toyota turut mengenalkan varian TRD Sportivo yang menjadi tipe paling sporty dalam jajaran keluarga Yaris.

2014 : Toyota menghadirkan generasi terbaru Yaris dengan perubahan signifikan di seluruh sektor. Hanya saja, pabrikan nomor 1 di Indonesia ini masih tetap mempertahankan mesin lawasnya karena dianggap paling cocok bagi para konsumen di Indonesia. Sama halnya yang dilakukan pada Toyota Vios.

Panduan Membeli Toyota Yaris Bekas


Keyless Entry
Khusus tipe S Limited, Yaris telah mengadopsi sistem smart entry  tanpa kunci. Berhubung ini peranti elektronik, Anda tinggal perlu memastikan fitur ini masih bekerja dengan baik.

Service record
Karena mudahnya merawat Yaris, tak sedikit pemiliknya yang melakukan perawatan di sembarang bengkel. Nah, bila mobil yang Anda incar masih ditanggung garansi, sangat vital untuk memastikan perawatan selalu dilakukan di bengkel resmi. Periksa dokumen buku servis, dan lakukan konfirmasi ke bengkel resmi bersangkutan bila perlu.

Modifikasi mesin
Sebagian besar pembeli Yaris adalah kaum muda yang beberapa di antaranya senang memodifikasi. Pastikan tak ada modifikasi dilakukan di mesin, karena dari aslinya mesin Yaris ini sudah bertenaga dan hemat. Bila dilakukan modifikasi, dikhawatirkan ada yang terkorbankan dari karakter mesin ini.

Posisi Duduk
Seperti halnya Vios, Yaris bukanlah sebuah mobil yang memiliki posisi duduk ergonomis bagi semua orang. Cobalah duduk dan yakinkan kalau Anda tak bermasalah dengan itu.

Bagasi
Untuk akomodasi penumpang belakang, tak ada yang meragukan kehebatan mobil ini. Namun dalam soal volume bagasi, Yaris tergolong sempit. Perhatikan hal ini, dan pastikan volume kecil ini tak mengganggu aktivitas Anda.

Panel Instrumen Tengah   
Desain dasbor dengan panel instrumen tengah yang diadopsi Yaris memiliki keunggulan visibilitas luas bagi pengemudi. Namun bila Anda tipe orang yang sering memantau instrumen, hal ini bisa menimbulkan gangguan konsentrasi karena Anda harus menengok ke kiri.

Tips Memilih Toyota Yaris Bekas


Satu hal paling penting saat hendak membeli Yaris bekas adalah catatan servis di bengkel resmi. Bila servis dilakukan teratur, mestinya tidak ada masalah berarti dari mobil ini. Nah, bila catatan servis tidak lengkap atau meragukan, ini yang harus diwaspadai.

Cek juga apakah catatan servis sesuai dengan jarak tempuh kendaraan, karena ada beberapa yang bisa memundurkan hitungan kilometer di Yaris. Kalau masalah bodi tak perlu dikhawatirkan, karena problem itu bisa diselesaikan dengan mudah di bengkel resmi.

Di antara varian tersedia, Topgir merekomendasikan Yaris E A/T. Anda memang tak mendapatkan fitur-fitur canggih, namun tetap bisa merasakan keunggulan utama mobil ini di sektor mesin. Apalagi harganya juga lebih terjangkau.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel