Tips dan Panduan Membeli Volvo XC90 Bekas

Volvo boleh saja tak sepopuler merek pre­mium lainnya dalam hal penjualan. Tapi ketika orang ditanya apa mobil teraman di dunia, banyak yang akan menjawab merek Swedia ini. Karena selain inovatif, Volvo juga menempatkan unsur keselamatan tinggi di semua produknya. Tak terkecuali XC90.

Volvo XC90 autobild

Saat pertama kali keluar, mobil ini bagaikan pendobrak kelesuan. Bila selama ini Volvo identik dengan sedan, XC90 justru berwujud SUV nan gagah. Bukan hanya itu, daya angkutnya 7 orang de­ngan kepraktisan pelipat­an bangku seperti MPV modern.

Di seluruh dunia XC90 diterima pasar sangat baik. Garis desain lebih berani juga menghilangkan kesan kaku yang menempel di Vol­vo sejak lama. Untuk pertama kalinya, banyak kon­sumen merasa akhirnya da­pat membeli keamanan sebuah Volvo yang juga ha­dir sangat bergaya dan praktis.

Di Amerika dan Eropa, Volvo XC90 mendapatkan beragam penghargaan. Sa­lah satunya adalah ‘Top Safety Pick Award’ dari Insurance Institute of Highway Safety, yang berarti mobil ini diakui sebagai teraman di dunia.

Selain aman, XC90 juga dilengkapi fitur-fitur menarik. Di sistem audionya terdapat slot untuk kartu SIM ponsel. Masukkan kartu SIM, dan Anda pun bagai memiliki ponsel yang bisa dikendarai. Selain itu climate control elektronik, cruise control, audio terin­tegrasi serta suspensi de­ngan auto levelling sudah menjadi standar.

Intinya, dengan XC90 Anda seperti tak perlu mobil lain lagi.

Sejarah Volvo XC90 di Indonesia


2001 : Di North Ame­rican Motor Show, Volvo menghadirkan cikal bakal XC90. Saat itu masih berbentuk mobil konsep dengan julukan Adven­ture Concept Car. Dan di akhir tahun Volvo kembali memberi potongan foto mengenai siluet versi produksinya.

2002: XC90 resmi masuk jalur pro­duksi dan diluncurkan ke dunia pada awal 2003.

2004: Secara resmi Volvo Indonesia menghadirkan XC90 ke pasar. Tersedia 2 tipe mesin yakni 2.5T dan 2.9 T6. Tipe ter­akhir dilengkapi turbo ganda dan segera menjadi model terlaris di Indonesia.

2007 : Diadakan sedikit penyegar­an eksterior dan interior, namun tak terlalu mencolok.

2012 : Volvo mengumumkan akan segera meluncurkan gene­rasi kedua XC90 setelah 10 tahun beredar di dunia. Model baru diperkirakan keluar pada 2013.

Panduan Membeli Volvo XC90 Bekas


Lampu Peringatan
Perhatikan apakah ada lampu peringatan yang tak padam saat mencoba XC90 incaran Anda. Lampu peringatan ABS bisa mudah menyala jika melewati jalan berlumpur, namun itu tak masalah dan dapat direset oleh bengkel. Waspadalah bila ada lampu peringatan lain yang menyala.

Suspensi 
Suspensi belakang XC90 berteknologi canggih auto levell­ing dan memiliki harga nyaris 3 kali lipat suspensi depan. Perhatikan apakah ada bunyi aneh atau kebocoran di sokbreker.

Transmisi
Ada banyak kasus rusaknya transmisi otomatis di tipe 2.9 T6.Rasakan apakah ada gejala menyentak dan slip saat transmisi dioperasikan. Penggantian unit transmisi bisa menghabiskan dana sampai Rp 80 juta.

Interior
Interior XC90 berkualitas cukup baik, namun daya tahannya tentu tergantung dari cara pemakaian. Ada baiknya menilik kondisi interior terutama panel dasbor, jok serta plafon.

Buku Servis
Kebugaran XC90 juga sangat bergantung pada perawatan di bengkel resmi. Pastikan seluruh servis berkala dilakukan teratur dan tercatat pada buku servis.

Jaringan Bengkel
Untuk yang berada di luar Jakarta, pastikan apakah ada tempat untuk merawat XC90 di kota Anda. Mobil ini tak bisa dirawat oleh sembarang bengkel dan memerlukan peralatan serta keahlian khusus.

Tips Memilih Volvo XC90 Bekas


Problem paling utama yang sering Topgir temukan di XC90 adalah transmisi. Tapi itu hanya terjadi di tipe 2.9 T6 dan sangat jarang di 2.5T. Sebetulnya problem transmisi bisa dikurangi risikonya dengan mengganti oli transmisi tiap 70 ribu km.

Suspensi XC90 tergolong cukup kuat, tapi bila rusak memang cukup mahal karena memiliki teknologi tinggi. Untuk memastikan kondisi mobil incaran, ada baiknya dibawa ke bengkel resmi  untuk dilakukan general check-up. Selain itu, pastikan catatan servisnya rapi. Untuk itu, Topgir sangat merekomendasikan Volvo XC90 2.5T jika memang Anda tinggal di kota besar.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel