Tips dan Panduan Membeli VW Caravelle T5 Bekas

Inilah tips cara beli VW Caravelle T5 bekas di Indonesia. Pilihan MPV mewah di Indonesia cukup banyak mulai dari merek pabrikan Jepang hingga benua Eropa. Tapi berbeda dengan Volkswagen (VW) Caravelle yang mempunyai nilai prestise tinggi di Tanah Air.

Tips dan Panduan Membeli VW Caravelle T5 Bekas

Dalam memilih mobil untuk rombongan kepresidenan, tentu pemerintah tidak sembarang pilih. Perlu ada pengujian apakah mobil tersebut layak atau tidak mengikuti konvoi dengan kecepatan tinggi dan tetap nyaman saat bermanuver kencang.

VW Caravelle menjadi salah satu mobil langganan rombongan kepresidenan yang sudah dipakai sejak zaman B.J. Habibie hingga saat ini.

Tidak salah bila MPV mewah VW Caravelle T5 yang saat ini sudah mulai banyak beredar bekasnya punya wibawa tersendiri ketika memilikinya.

Secara penampilan eksterior VW Caravelle termasuk sederhana tidak banyak lekukan atau nuansa mewah dari aksen krom.

Sepasang garis gril horizontal dengan lambang VW di tengah menjadi ciri khas. Kedua pintu gesernya bisa dibuka secara elektrik, baik via tuas pintu atau remote control.

Kabinnya mampu menampung lima orang pada bagian belakang. Kursi captain seat di tengah membuatnya semakin nyaman untuk perjalanan jauh.

Terlebih kedua kursi bisa diputar menghadap ke belakang. Meja bulat di antara bangku kedua dan ketiga cukup besar dan dapat memuat 2 notebook bila ingin digunakan untuk rapat mendadak.

Selain kenyamanan kabin karena bisa untuk rapat, mobil ini juga asyik berada dibalik kemudi. Desain setir yang sporti terasa nyaman digenggam. Posisinya pun cukup ideal untuk sebuah mobil berbadan besar.

Berbekal mesin TDi dengan turbo berkapasitas 1.968 cc, VW Caravelle T5 mampu menghempaskan tenaga maksimal 180 dk pada 4.000 rpm. Torsi 400 Nm sudah cukup untuk membuat mobil ini melaju lincah di jalanan.

Ditambah tuas transmisi DSG yang letaknya sangat ergonomis yang menyatu pada bagian tengah dasbor. Sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ideal dan bisa berpindah gigi 7 percepatan yang tersedia.

Hadirnya VW Caravelle T6 terbaru di Indonesia menjadi peluang untuk pemilik generasi sebelumnya ini dijual di pasar mobil bekas. Bila Anda berencana meminang MPV mewah ini, ada beberapa hal yang harus dicek dan diperhatikan.

Panduan Membeli VW Caravelle T5 Bekas


Kaki-kaki
Beberapa konsumen ada yang mengeluhkan suspensi VW Caravelle agak keras. Besar kemungkinan ini untuk menghindari bodyroll yang berlebihan.

Cek seluruh suspensi dan pastikan dengan bodinya yang besar Anda tetap aman ketika melaju kencang dan bermanuver. Pastikan komponen seperti tierod atau balljoint masih dalam kondisi bagus.

Catatan Servis
Rata-rata usia VW Caravelle di Indonesia 4 sampai 5 tahun. Sebagai mobil Eropa yang dikenal mempunyai mesin berteknologi canggih, melakukan servis di bengkel resmi wajib hukumnya.

Sebelum Anda membeli, bawa ke bengkel resmi terdekat dan minta catatan servisnya apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin dan spareparts apa saja yang pernah diganti.

Mesin
VW Caravelle generasi kelima ini sudah dibekali teknologi mesin yang canggih. Agar tidak tertipu, lakukan pengujian bila memungkinkan.

Dengan usia 4 sampai 5 tahun beberapa komponen bisa Anda cek seperti filter udara dan filter oli. Umumnya di usia ini komponen tersebut sudah waktunya untuk diganti.

Interior
Mempunyai kabin yang luas juga fitur bangku yang bisa diputar membuat VW Caravelle terasa nyaman untuk perjalanan jauh. Anda harus lebih teliti ketika melihat kondisi interiornya. Beberapa konsumen ada yang mengatakan jok kulit VW Caravelle agak keras sehingga kurang nyaman.

Perhatikan juga kondisi komponennya. Jika bagian seperti doortrim sampai rusak atau catnya terkelupas, maka biaya restorasinya akan lumayan besar.

Panel Instrumen
Ada banyak fitur keselamatan yang tertanam di VW Caravelle T5. Biasanya bila ada malfungsi pada fitur juga kondisi mesin akan ada lampu peringatan pada panel instrumen.

Pastikan ketika Anda menyalakan mobil dan berjalan tidak ada lampu peringatan yang menyala. Bila ada, segera bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa.

Bahan Bakar
Teknologi mesin canggih tentunya butuh asupan bahan bakar berkualitas. Gejala tenaga kurang atau saat pedal gas tidak terlalu responsif bisa jadi indikasi bahan bakar yang digunakan sebelumnya tidak sesuai rekomendasi pabrikan. Anda pun saat membeli harus memahami bahwa mobil ini memerlukan bahan bakar diesel yang rendah sulfur, minim partikulat dan tinggi angka cetane.

Tips Memilih VW Caravelle T5 Bekas 


Populasinya tidak banyak tetapi VW Caravelle cukup bagus bila ingin membelinya dalam kondisi bekas. Catat saja nomor rangkanya dan minta tolong ke bengkel resmi VW terdekat untuk diperiksa bagaimana perlakuan pemilik sebelumnya. Bagian suspensi biasanya cukup banyak keluhan karena memang bodinya yang besar sehingga bobotnya cukup berat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel