Tips dan Panduan Membeli VW Golf GTI MkVI Bekas

Volkswagen Golf menjadi pilihan yang tepat bagi yang menginginkan hatchback Eropa. Mengapa tidak? Inilah tips beli mobil bekas VW Golf GTI MkVI di Indonesia.

Tips dan Panduan Membeli VW Golf GTI MkVI Bekas

Jika merujuk pembahasan mengenai VW Golf MkVI, Topgir harus sedikit flashback untuk membahas VW Golf MkV. Pasalnya pihak Volkswagen menghadirkan Golf MkVI menjadi sebuah penyempurnaan dari Golf MkV.

Terutama soal mesin yang digunakan pada Golf MkVI GTI diambil dari mesin pendahulunya, yaitu Golf MkV, tapi tenaga dinaikan 10 dk.

Teknologi terbaru yang ada di Golf MkVI adalah transmisi DSG (Direct-Shift Gearbox) dual clutch 6-percepatan dan Volkswagen menyematkan  electronic differential-lock. Teknologi ini membuat Golf lebih stabil saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Wajar jika dalam kondisi bekasnya Golf MkVI masih diminati. Harga jual di pasar mobkas juga tergolong tinggi bahkan untuk saat ini. Itu menjadi bukti bahwa ia memiliki banyak peminat walaupun dalam kondisi bekas.

Faktor lain yang membuat harga bekasnya tetap tinggi adalah, selain performa yang memang menyenangkan, pengendaliannya pun sangat presisi. Tajam dan lincah, membuat Anda lebih yakin saat bermanuver kencang.

Tak hanya itu, tampilannya pun bisa dibilang keren. Pas dengan selera anak muda atau mereka  yang berjiwa dinamis. Bahkan selain faktor-faktor tersebut, memiliki mobil Golf saja sudah menjadi gengsi tersendiri karena VW Golf adalah mobil yang ikonik di dunia mobil terutama di segmen hatchback.

Sejarah VW Golf GTI MkVI


2009: Akhir 2009, VW memasukkan generasi keenam Golf MkVI ke Indonesia. Pada saat itu Volkswagen hanya menyajikan varian GTI. Sedangkan, varian 1.6 dan 2.0 FSI yang sebelumnya ada di MkV tidak dimasukkan karena kurang diminati.

2010: Pada akhir 2010, akhirnya Volkswagen menghadirkan varian baru, yaitu Golf TSI. Kelebihan Golf TSI adalah mesin berkapasitas 1.390 cc yang digabungkan dengan turbo dan supercharger, hingga tenaga yang dimiliki menjadi 160 dk.

2014: Tahun ini menjadi tahun terakhir kehadiran Golf MkVI. Karena ia digantikan dengan Golf MkVII yang secara desain berubah menjadi terlihat lebih dinamis.

Panduan Membeli VW Golf GTI MkVI Bekas


Lampu Peringatan
Golf sudah memiliki teknologi yang canggih, sehingga ketika ada masalah mengenai mesin atau fitur  safety, ia akan menginformasikannya melalui panel instrumen berupa lampu peringatan. Cek panel instrumen saat mesin dihidupkan, jika ada lampu peringatan yang menyala terus kendati mesin sudah berputar, berarti Anda harus mencari tahu sumber permasalahannya.

Hubungi bengkel resmi atau konsultasi ke mekanik ahli untuk mengukur permasalahannya. Mengingat Golf bukanlah mobil massal di Indonesia, segala permasalahan bisa berpotensi menyedot biaya besar karena sukucadangnya tidak sebanyak mobil massal lain di Indonesia.

Interior
Bagian interior adalah hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil Eropa. Meskipun mobil lansiran Eropa memiliki kualitas material yang apik, pengguna sebelumnya menjadi penentu kerapihan interior Golf GTI MkVI yang akan Anda beli. Karena perbaikannya cukup sulit dan membutuhkan biaya yang besar.

Transmisi
Golf menggunakan transmisi DSG yang terasa sigap dan halus. Coba cek kondisi transmisi tersebut, pasalnya jika ada kerusakan biaya perbaikannya cukup mahal. Lakukan tes jalan untuk merasakan perpindahannya. Termasuk ketika berpindah dari N ke D, pastikan agar tak ada entakan.

Buku Servis
Buku servis adalah hal yang penting, pasalnya Anda bisa mengetahui history kerusakan mobil yang akan Anda pinang melalui buku servis dan bengkel resmi yang merawatnya. Melalui buku servis juga akan terdeteksi masalah-masalah apa saja yang sudah terjadi dan sudah tertanggulangi.

Kaki-kaki
Pemilik Golf biasanya sering melakukan penggantian pelek dengan diameter yang lebih besar untuk meningkatkan sisi estetika. Hal ini tentu membuat kondisi kaki-kaki berpotensi mengalami kerusakan karena harus menopang roda yang lebih besar dan lebar. Terlebih jika pemilik sebelumnya sering melintas di jalan bergelombang.

Velg
Pastikan Golf GTI MkVI yang Anda pinang masih memiliki velg aslinya. Pasalnya velg orisinil itu mempunyai nilai tinggi karena harganya mahal.

Tips Memilih VW Golf GTI MkVI Bekas


Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah buku servis dari Golf GTI MkVI yang akan Anda pinang. Karena dengan buku servis Anda dapat dengan mudah melacak history mobil tersebut. Transmisi DSG yang dimilikinya pun menjadi perhatian lainnya sebelum membeli. Rasakan apakah ada impresi perpindahan gigi yang kasar, jika ada itu bisa menjadi pertanda kopling sudah harus diganti.

GTI adalah varian paling tinggi dan bergengsi di line-up Golf. Tentu saja Topgir merekomendasikan varian ini. Tak hanya lebih kencang, keasyikan berkendaranya pun lebih baik. Memiliki GTI bagai memiliki mobil impian banyak car enthusiast di dunia. Anda pun bisa memilikinya lebih dari sekadar mobil asyik dikendarai, tapi juga sebagai mobil koleksi.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel