Tips dan Panduan Membeli VW New Beetle Bekas

Sejak diluncurkannya pertama kali pada tahun 1997 Volkswagen New Beetle menjadi sorotan para pecinta otomotif. Penyempurnaan yang dilakukan pada VW New Beetle mengubah image pada pendahulunya sebagai mobil rakyat, menjadi mobil mewah.


Dengan platform VW Golf, New Beetle melakukan perubahan menyeluruh. Salah satunya penempatan mesin yang terdahulu berada di belakang, pada VW New Beetle berpindah posisi menjadi di depan. Selain itu dengan dilengkapinya berbagai fitur modern seperti airbag, ABS dan power sterring yang memberi kenyamanan tersen-diri bagi pengendaranya.

Hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis serta tiga pilihan mesin 1.6L, 1.8L Turbocharger, 2.0L memberikan pilihan sesuai kebutuhan konsumennya. Pada 2008, VW New Beetle melakukan penyegaran pada bagian eskterior. Hal ini membuat icon VW Beetle yang berbentuk kodok sedikit memudar, karena hadirnya lekukkan pada bagian fender.

Sedikitnya unit yang beredar dipasaran pada VW New Beetle 2008 sampai 2011 membuat harga pasaran menjadi gelap. Begitu juga dengan VW New Beetle pada tipe 1.6L dan 1.8L Turbocharger yang sangat langka membuat suatu kebanggaan tersediri jika memilikinya.

Tak heran kalau dipasaran mobil bekas harganya masih tergolong tinggi dibandingkan kompetitornya MINI Cooper, hal ini membuat Volkswagen New Beetles masih dilirik oleh sebagian orang. Kitapun mendapatkan kesan yang berbeda jika memilikinya, mengingat mobil ini sangat jarang terlihat di jalanan.

Tapi jangan terbuai dulu dengan bentuknya yang eksotis. Karena jika kita mendapatkan kondisi yang kurang prima akan cukup menguras dompet nantinya.

Pada rubrik Panduan Membeli mobil bekas kali ini, Topgir mencoba untuk memberikan informasi jika ada pembaca yang ingin membeli mobil New Beetle.

Sejarah VW New Beetle


1994 Pada acara North American International Auto Show, Volkswagen memperkenalkan Concept One, sebuah mobil konsep bertema “retro” yang bentuknya mirip dengan Volkswagen Beetle. Inilah cikal bakal Volkswagen melakukan penyegaran pada Beetle.

1998 Mobil konsep tersebut akhirnya direalisasikan dengan nama New Beetle. Volkswagen melakukan perubahan 180 derajat melalui interior dan eksteriornya. Mobil ini pun menggendong mesin dengan 3 pilihan yaitu 1.6L, 1.8L Turbocharger, 2.0L.

2008 Pada tahun ini VW New Beetle melakukan penyegaran pada eksteriornya dengan menggunakan desain lampu menjorok keluar pada lampu belakang dan memapas bagian fender hingga menjadi lebih ramping.

2012 Generasi kedua dari Beetle (tanpa embel-embel “New”), dipromosikan sebagai “Beetle abad ke-21”. Generasi baru Beetle ini memiliki tampak yang mirip dengan generasi sebelumnya, hanya dengan profile yang lebih rendah, tapi secara keseluruhan bentuknya tetap menyerupai Volkswagen Beetle. Mobil ini menggendong mesin 1.197 cc 4 silinder turbocharger.

Panduan Membeli VW New Beetle Bekas


Lampu Peringatan ABS
Perhatikan apakah lampu indikator ABS menyala pada New Beetle incaran anda? Waspadalah jika lampu ABS menyala, karena anda harus mengestimasikan budget sebelum membelinya.

Handle Pada Door Trim
Salah satu kelemahan mobil ini ialah pada handle door trim yang sering patah. Hal itu dikarena ukuran yang besar dan bobot yang cukup berat pada pintu VW New Beetle. Hal ini membutuhkan biaya Rp. 6.400.000 untuk satu piece door trim.

Mesin
Kitapun harus melirik ruang dapur pacu. Karena dengan umur yang sudah lebih dari delapan tahun ke atas, sering dijumpai ada rembesan oli pada ruang mesin. Hal ini dapat mempengaruhi performa mobil tersebut jika terdapat indikasi tersebut.
Interior
VW New Beetle mempunyai kualitas interior sangat baik seperti yang kita ketahui kualitas eropa pada umumnya. Tetapi daya tahannya tergantung perawatan dan cara pakai dari pemiliknya sendiri. Sebaiknya anda lebih memperhatikan interior terutama dasbor, doortrim, jok, serta plafon.

Buku Service
Kebugaran dari Volkswagen New Beetle tergantung pada perawatan dari bengkel resmi. Yang perlu anda perhatikan ialah seluruh service berkala dilakukan rutin dan tercatat dalam buku service. Dengan begitu terlihat semua track record pada mobil tersebut di bengkel resmi.

Jaringan Bengkel
Untuk yang berada di luar jakarta. Jika ingin meminang Volkswagen New Beetle, pastikan terdapat Bengkel resmi di tempat anda tinggal. Karena mobil ini membutuhkan perawatan khusus dan berkala di bengkel resmi.

Tips Memilih VW New Beetle Bekas


VW New Beetle ialah mobil legendaris yang menjadi icon dari Volkswagen. Dengan bentuknya yang klasik membuat mobil ini banyak diminati. Tapi sayangnya unit yang berada dipasaran terbatas tidak sebanding dengan permintaan pasar.

Jika anda ingin membeli VW New Beetle pastikan dalam kondisi yang prima. Diantaranya tidak ada indikator ABS yang menyala dan handle doortrim tidak patah. Karena jika hal tersebut sudah tidak baik, maka anda harus mengocek kantung lebih dalam.

Untuk masalah mesin jangan khawatir, karena VW New Beetle memiliki mesin yang bandel. Lebih amannya mobil incaran Anda di bawa ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada ahlinya. Agar kondisi mobil tersebut siap pakai.

Volkswagen New Beetle masuk ke Indonesia sekitar 1999 sampai 2011. Dengan tiga pilihan mesin 1.6L, 1.8L Turbocharger, 2.0L disesuaikan dengan kebutuhan kita.  Topgir menyarankan anda membeli pada tahun 1999 sapai 2007 denga tipe 1.6L. Karena dengan hematnya konsumsi BBM dan masih kentalnya bentuk klasik pada VW New Beetle. Selain itu Volkswagen New Beetle 1.6L sangat jarang kita jumpai dan diprediksi akan menjadi collector’s item.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel