Tips Mengatasi Bunyi Siulan Turbo Yang Terlalu Keras dan Kasar

Mayoritas perangkat turbo saat ini sudah dilengkapi wastegate yang berfungsi untuk membuang tekanan udara lebih yang dihasilkan. Tekanan udara yang dibuang wastegate akan terdengar seperti bunyi siulan. Anda harus waspada jika bunyi siulan itu terlalu keras.

Tips Mengatasi Bunyi Siulan Turbo Yang Terlalu Keras dan Kasar

Luangkan waktu dan membuka kap mesin. Hal itu bertujuan agar Anda bisa lebih jelas mendengarkan suara-suara abnormal dari area turbo. Jika Anda mendengarkan bunyi ber derik seperti bunyi kontak antar metal, itu menjadi pertanda kalau bushing atau bearing cartridge turbo sudah rusak. Karena komponen itu sudah rusak, turbin menjadi goyang saat berputar, dan bergesekan dengan dinding.

Memang, untuk bisa mendeteksi bunyi siulan wastegate yang abnormal, Anda butuh mobil sejenis untuk dijadikan benchmark. Jika bunyi siulan mobil incaran dirasa lebih berisik, Anda patut curiga. Suara siulan yang terlalu keras disebabkan bilah kipas yang bengkok se hinggga membuat tabrakan udara yang tidak seharusnya. Bunyi tabrakan udara abnormal itu kian terdengar saat wastegate terbuka.

Celah antara bilah kipas dengan dinding (housing) sangat rapat, idealnya 0,5 mm. jika bergetar sedikit, pasti akan bergesekan dan menimbulkan bunyi. Jika dibiarkan, bilah bengkok ini bisa mengakibatkan getaran saat kipas berputar yang bisa mengakibatkan bushing atau bearing di cartridge rusak.
 
Bilda membeli turbo assy dirasa terlalu mahal, ada banyak bengkel spesialis turbo yang bisa menangani kerusakan turbo mobil bekas incaran Anda. Sebaiknya segera ganti komponen cartridge repair kit yang terdiri dari bushing, washer dan washer guide. Jika terlambat akan terjadi kerusakan yang lebih parah.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel