Pilihan Mobil Keluarga Bekas Terlaris di Indonesia

Liburan adalah momen yang begitu dinanti oleh setiap orang. Hal itu karena mayoritas masyarakat Indonesia sendiri senang akan budaya guyub dan plesiran. Inilah pilihan mobil bekas MPV keluarga terlaris yang biasanya digunakan untuk kendaraan harian hingga liburan ke luar kota.

Untuk memenuhi kebutuhan itu tentulah memilih mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah jawaban masuk akal. Selain memiliki karakter nyaman ia juga bisa menampung penumpang hingga 7-orang. Sehingga Anda bisa membawa keluarga atau kerabat tapi di sisi lain masih bisa menampung barang bawaan.

Pilihan Mobil Keluarga Bekas Terlaris di Indonesia

Sehingga memberikan kemudahan untuk Anda dalam memilih mobil sesuai dengan budget yang dimiliki atau sekadar mendapatkan gengsi lebih.

Pada mobkas pilihan kali ini, MPV 7-seater itu tampil dalam banyak kelas. Mulai dari LCGC, MPV kompak, yang berukuran medium hingga MPV diesel dengan kehematan BBM istimewa. Berikut daftarnya.

Toyota Kijang Innova 2.0 G


Salah satu alasan masyarakat Indonesia memilih Toyota Kijang Innova adalah ia memiliki harga jual kembali yang relatif stabil. Namun di luar itu, Toyota Kijang Innova memiliki kabin yang nyaman ditempati. Baik headroom ataupun legroom-nya termasuk lapang.

Apalagi jaringan Toyota yang luas dan ketersediaan suku cadang yang mudah didapat memberikan kemudahan ketika ingin melakukan servis. Hanya saja untuk pengendalian jika dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti Proton Exora atau Kia Carens ia kalah fun to drive.

Namun karena Toyota Kijang Innova termasuk mobil laris yang populasinya banyak, rasanya tidaklah sulit untuk menemukannya di kondisi terbaik.

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.998 cc 4-silinder, 136 dk
Harga: Rp 180 -220 juta

Keunggulan :
Kabin lapang
Aftersales
Populasi

Kelemahan :
Pengendalian
Desain mulai tua

Datsun GO+ Panca

Karena dirancang sama dengan mobil LCGC, mobil ini mempunyai konsumsi BBM yang irit. Hanya saja kabinnya kurang kedap. Jok baris ketiganya juga hanya mampu ditempati oleh anak kecil.

Soal kualitas berkendara, Ia tidak berbeda dengan model hatchback-nya, bantingan suspensi GO+ Panca cukup baik dalam meredam guncangan. Kemudian penempatan tuas transmisi yang ergonomis memudahkan pengemudi saat mengoperasikannya.

Meski tahun produksinya tergolong muda, di pasar mobkas Datsun GO+ sudah ada status bekas. Tentu ia bisa jadi pilihan menarik karena harganya semakin terjangkau lagi.

Tahun: 2014-2015
Mesin: 1.198 cc 3-silinder, 68 dk
Harga: Rp 85-95 juta

Keunggulan :
Konsumsi BBM
Bantingan suspensi
Harga

Kelemahan :
Ruang baris ketiga sangat terbatas
Kabin kurang kedap
Stabilitas berkendara

Nissan Serena HWS


Salah satu keistimewaan Nissan Serena terletak pada nilai kepraktisannya. Selain pintu geser elektris yang memudahkan akses masuk-keluar kabin, ia juga memiliki banyak konfigurasi bangku yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian soal kenyamanan pun tidak perlu diragukan. Bantingan suspensi lembut diimbangi legroom dan headroom yang lapang bisa membantu perjalanan Anda lebih menyenangkan.

Sayangnya, meski Nissan Serena sudah dibekali fitur berkendara hemat jika dibandingkan rival sekelasnya seperti Toyota Nav1, ia masih kalah irit ketika Topgir uji performanya.

Tahun: 2013-2014
Mesin: 1.997 cc 4 silinder, 145 dk
Harga: Rp 270-280 juta

Keunggulan :
Bantingan suspensi
Fleksibilitas kabin
Transmisi halus

Kelemahan :
Limbung
Konsumsi BBM

Honda Mobilio RS

Pada awal kemunculannya, Mobilio mendapat respons positif dari konsumen lokal. Salah satunya adalah performa mesin. Di kelasnya selain hemat mengkonsumsi bahan bakar, tenaga mesinnya juga yang terbesar.

Desain eksteriornya memang terlihat atraktif, hanya saja penampilan interiornya terlihat biasa saja, sama dengan Honda Brio dan Brio Satya.

Soal kenyamanan, Mobilio pun tak kalah bersaing. AC double blower pun dipasangkan agar dingin merata. Untuk fitur, walaupun Eco sebatas lampu indikator, tapi setidaknya bisa membantu Anda dalam berkendara hemat.

Tahun: 2014
Mesin: 1.496 cc 4-silinder, 118 dk
Harga: Rp 150 jutaan

Keunggulan :
Konsumsi BBM hemat
Model sporti
Akomodasi penumpang

Kelemahan :
Desain interior
Headrest menyatu dengan kursi
Bantingan suspensi

Daihatsu Xenia 1.3 R A/T


Tidak jauh berbeda dengan saudara kembarnya Toyota Avanza dalam hal desain maupun rasa berkendara. Hanya saja soal fitur, Daihatsu Xenia boleh berbangga hati karena head unit-nya sudah terpasang monitor layar sentuh. Selain bisa untuk menonton film, monitornya juga sudah ter-install sistem navigasi dan kamera parkir.

Sayangnya prinsipal Daihatsu tidak menambahkan opsi mesin 1.500 cc yang memilki output tenaga lebih besar layaknya Toyota Avanza. Namun dengan kapasitas mesin yang lebih kecil memberi dampak positif pada terhadap efisiensi konsumsi BBM.

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.298 cc 4-silinder, 92 dk
Harga: Rp 125-140 juta

Keunggulan :
Fitur
Jaringan servis
Konsumsi BBM

Kelemahan :
Legroom baris ketiga sempit
Tenaga minim

Toyota Alphard 2.4 S

Banyak orang yang mengidamkan MPV bertubuh jumbo ini. Menduduki strata tertinggi di kelas MPV Toyota, ia tampil dengan menyakinkan. Modelnya manis tapi juga mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi penumpang yang duduk di baris kedua.

Untuk akses ke dalam kabin penumpang dimudahkan dengan sistem pintu geser elektrik. Tren positifnya juga berlanjut dari bantingan suspensi yang empuk. Kemudian meskipun berbadan bongsor ia mempunyai pengendalian cukup mumpuni. Sayangnya meski sudah di kelas MPV mewah Alphard masih dijadikan armada taksi yang mengurangi kesan luks.
Tahun: 2012
Mesin: 2.362 cc 4-silinder, 170 dk
Harga: Rp 500 jutaan

Keunggulan :
Kabin mewah
Nyaman
Harga stabil

Kelemahan :
Citra taksi
Limbung

Suzuki Ertiga GX A/T


Suzuki Ertiga tak kalah menarik untuk dipinang. Hal yang Topgir suka dari mobil ini salah satunya adalah konsumsi BBM yang irit. Saat masih berstatus baru ketika dipacu di jalan bebas hambatan ia bisa berlari hingga 19,2 km/liter. Bantingan suspensinya juga termasuk baik dan nyaman.

Sayangnya Ertiga belum dilengkapi dengan sensor parkir. Tapi jika itu bukan persoalan, Suzuki Ertiga keluaran tahun 2014 sudah ada fitur AC double blower yang membuat dingin AC merata ke seluruh kabin. Selain itu Ertiga juga memilki posisi duduk mengemudi yang ergonomis seolah seperti mengendarai mobil sedan.

Tahun: 2014
Mesin: 1.373 cc 4 silinder, 95 dk
Harga: Rp 145-155 juta

Keunggulan :
Posisi duduk ergonomis
Bantingan suspensi
Konsumsi BBM

Kelemahan :
Bagasi terbatas
Belum ada sensor parkir

Chevrolet Spin 1.3 TDCI

Jika Anda fanatik mobil Amerika, tentunya Chevrolet Spin bisa menjadi pertimbangan terbaik. Selain tampilan eksteriornya nampak dinamis, layout dasbornya juga stylish dan tidak cepat membosankan.

Sayangnya dari sisi kenyamanan Chevrolet Spin kurang begitu mempesona. Busa jok penumpang terasa keras sehingga rasa lelah ketika melakukan perjalanan jarak jauh mudah terdeteksi. Namun yang Topgir amat suka dari mobil ini adalah tersedianya pilihan mesin diesel. Sehingga tidak hanya irit mengkonsumsi bahan bakar tapi juga kaya akan torsi.

Torsi besar dan mesin irit membuat pengendaraannya sangat menyenangkan. Termasuk saat melaju di kecepatan sedang hingga tinggi.

Tahun: 2013
Mesin: 1.248 cc 4-silinder turbodiesel, 75 dk
Harga: Rp 135 jutaan

Keunggulan :
Tampilan interior stylish
Konsumsi BBM
Model dinamis

Kelemahan :
Busa bangku penumpang keras
Resale value
Kurang popular
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel