Tips Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas Lewat Asap Knalpot

Ketika Anda hendak mencari mobil bekas, kondisi mesin menjadi hal yang penting untuk diperhatikan kesehatannya. Mengingat jika ada perbaikan, membutuhkan biaya yang besar untuk Anda keluarkan. Berikut adalah tips melihat kondisi mesin mobil bekas lewat asap knalpot.


Pada umumnya calon pembeli melakukan pengecekan awam mengenai mesin melalui saluran gas buang. Yang diperhatikan calon pembeli biasanya melihat knalpot mengeluarkan asap atau tidak.

Keluarnya asap putih dari knalpot tidak selalu diindikasikan terjadi kerusakan pada mesin bensin. Perlu dipastikan asap putih yang keluar knalpot apakah benar asap atau uap air. Kalau udara dingin, banyak mobil yang mengeluarkan uap air dari knalpot. Hal itu berarti mesin dalam kondisi normal.

Hadirnya asap putih dari knalpot akan keluar jelas saat mesin berada di putaran tinggi. Coba saat mesin dalam kondisi idle, injak pedal gas dalam-dalam. Jika asap putih dan bau oli terbakar, maka sebagian oli mesin masuk ruang bakar, misalnya karena ring piston sudah aus, silinder piston baret atau seal katup sudah aus.

Selain itu untuk ciri-ciri oli masuk ke dalam ruang mesin, pada umumnya di ujung pipa knalpot terlihat dibasahi oleh oli yang terbawa oleh gas buang. Jika Anda menemukan kondisi kerusakan seperti itu, Anda harus mempertimbangkan biaya perbaikan, mengingat besarnya biaya turun mesin yang harus dikeluarkan.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan sangat sulit untuk diprediksi, karena tingkat kesulitan perbaikan turun mesin yang berhubungan dengan biaya jasa perbaikan dan harga spare part yang berbeda-beda setiap jenis mobil. Ada baiknya Anda langsung mendatangi bengkel resmi atau langganan untuk mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel